BATAM – Dalam rangka mendukung Visit Batam 2010 Dinas Pariwisata Kota Batam mengadakan Sea Eagle Boat Race yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-9 Agustus, rencananya acara dibuka oleh Walikota Batam di Dataran Elang Belakang Padang.  Belakangpadang sebagai daerah tujuan wisata merupakan cara yang efektif memperkenalkan wisata disana sekaligus memberikan tambahan penghasilan para penambang boat pancung disana. Sebab secara langsung kehadiran wisatawan lokal maupun mancanegara ke daerah tersebut membawa imbas pada mereka.


Sea Eagle Boat Race merupakan kegiatan bertaraf internasional berlangsung di dataran Elang-Elang Laut Belakang Padang yang setiap tahunnya mampu menghadirkan sekitar empat ribuan penonton  yang memadati Pelabuhan Elang-Elang Laut.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Pariwisata tahun ini sudah keenam kalinya. Peserta tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. Selain ajang lomba tahunan, Sea Eagle Boat Race tetap sebagai program promosi pariwisata Kota Batam, kualitas dan kuantitas pelaksanaan iven wisata itu juga akan terus ditingkatkan. Baik dari segi jumlah peserta maupun hadiah yang disediakan dalam mendukung pelaksanaan Sea Eagle Boat Race tersebut.

Ada dua kategori yang diperlombakan, pembedaan kategori berdasarkan asal peserta. Kategori Internasional dengan keseluruhan peserta 13 tim, 3 tim diantaranya dari Malaysia . Sisanya dari luar Provinsi Kepulauan Riau diantaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Aceh, Riau, Jambi, DKI Jakarta. Sedangkan kategori lokal telah ada 20 tim yang melakukan konfirmasi diantaranya Dinas atau Badan Kota Batam, Organisasi pemuda Kota Batam, Perwakilan Hotel di Batam, Kecamatan atau Kelurahan di Batam.

Para peserta mulai 8 Agustus akan berlaga untuk bisa masuk ke babak final pada Minggu 9 Agustus. Para peserta berlaga untuk memperebutkan hadiah berupa uang tunai sejumlah Rp. 46 Juta, dengan perincian juara 1 sebesar Rp 15 juta, dilanjutkan Rp 13 juta, Rp 10 juta dan Rp 8 juta untuk juara harapan. Muchsin mengharapkan peserta bertanding secara sportif dan fair.

Selain mendongkrak pariwisata mendukung Visit Batam 2010, perlombaan kali ini, dilakukan untuk  memeriahkan HUT RI yang ke-64. Sea Eagle Boat Race dikonsep khas dengan budaya melayu kelautan dan dipastikan akan banyak turis yang akan datang menyaksikan acara yang bertaraf Internasional tersebut, tambah Muchsin.

(humas_crew/ttn&nn)