IMG_9670IMG_9662

BATAM- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-64 tahun 2009 tingkat Kota Batam, Panitia HUT RI akan menyelenggarakan Gerak Jalan Beregu 5 km, 8 km, dan 17 km pada Besok Rabu, 12 Agustus 2009. Buralimar selaku panitia HUT RI pelaksanaan gerak jalan beregu ini diharapkan dapat memberikan kebugaran serta dapat meningkatkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi antar peserta yang didominasi oleh kalangan pelajar dan anak-anak Sekolah Dasar. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, sebagai upaya meningkatkan semangat, sportifitas dan kesehatan masyarakat Kota Batam.

Buralimar mengatakan total hadiah pembinaan mencapai 32 juta rupiah untuk semua kategori yang dilombakan ditambah hadiah hiburan. Dari juara satu sampai dengan harapan tiga masing-masing sesuai dengan kategori peserta. Pendaftaran yang dimulai tanggal 29 Juli s/d 8 Agustus di gedung Pemuda Hang Jebat (Samping SPBU Sukajadi) atau di telephone (0778) 452318 dapat juga melalui contact person Nur Halim 085668127255 atau Donny di 0778 524808.

Ada tiga kategori dalam gerak jalan beregu, pertama kategori 5 km dengan peserta pelajar SD putra putri dan ibu-ibu PKK, Dharma wanita se-Kota Batam. Kategori ini ditempuh dalam waktu 60 menit. Kedua kategori 8 km peserta dari pelajar SMP sampai dengan mahasiswa dan umum putri, kategori ini ditempuh dalam waktu 96 menit. Ketiga kategori 17 km pesertanya pelajar dari SMA putra sampai dengan mahasiswa dan umum dari dinas, instansi, TNI, Polri se-Kota Batam, waktu tempuh 204 menit. Peserta dengan system beregu, setiap regu berjumlah 11 orang termasuk komandan regu dengan formasi dua berjajar dengan nomor dada pada barisan kanan depan dan belakang.

Menurut Buralimar, rute gerak jalan beregu, dengan strart jalan Engku Putri Batam Center depan Kantor Walikota Batam melalui samping masjid Raya melewati Otorita Batam sampai di Hotel 01 ke kiri melewati RM Pak Datuk kategori 5 km ke kiri melewati taman Seruni kemudian ke kanan melewati sekolah global dan finish kembali ke Pemko Batam melewati depan Masjid Raya. Kategori 8 km dari RM Pak Datuk dilanjutkan ke BNI ke arah kiri melewati depan perumahan Rosdel, dilanjutkan ke Simpang Frangky kemudian belok ke arah kiri menuju finish di jalan Engku Putri. Sedangkan rute untuk kategori 17 km, dari BNI lurus menuju Edukids sampai Simpang Jam belok ke arah kiri melalui Iperium dan  Anggrek Mas sampai di Simpang Kabil kemudian belok kiri melewati Duta Mas lurus terus menuju finish di depan kantor Walikota Batam.

Aspek penilaian gerak jalan beregu yang dipercayakan kepada Ikatan Guru Olahraga (IGO) Kota Batam dengan pengalamannya akan menilai ketepatan waktu dengan perolehan nilai 300, anggota regu lengkap memperoleh nilai 300, keseragaman antar anggota regu mendapat apresiasi 200, semangat tim yang tinggi dihargai 100, kerapian anggota regu 100, khusus ibu PKK ditambah nilai kreasi dan keunikan regu. Larangan atau hukuman bagi peserta diantarnya anggota regu kurang dari 6 orang dinyatakan gugur, anggota ketinggalan atau tercecer 10 meter dari barisan dan berlari bergabung nilai dapat dikurangi 10 point.

Pelanggaran memotong barisan lawan lewat tengah barisan dan mengakibatkan barisan lawan rusak nilai dikurangi 50 pint, membawa petunjuk waktu dapat dikurangi 50 point, membuat manuver atau gerakan yang bertujuan memperlambat waktu dapat dikurangi nilai 10 point, peserta masuk finish kecepatan 1 menit dikurangi 1 point, dan berlaku kelipatannya. Dan yang terakhir masuk finish 1 menit kurang 2 point, berlaku kelipatannya. Buralimar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan serta dalam kegiatan ini untuk lebih memberikan nuansa peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

(humas_crew/ttn&nn)