01Dahlan Ajak Perempuan Kota Batam Tingkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Kota Batam ft : AderBATAM – Tradisi saling mema’afkan setelah Idul Fitri atau yang lebih populernya dikenal dengan istilah “halal bihalal” dilaksanakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di tanah air, tidak terkecuali masyarakat di Kota Batam. Masih dalam suasana lebaran, Sabtu (10/10) bertempat di aula Politeknik Batam, Badan  Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Batam menyelenggarakan kegiatan halal bihalal Walikota Batam bersama organisasi perempuan se Kota Batam.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan, dihadapan kurang lebih 1.000 orang pengurus dan anggota organisasi perempuan se Kota Batam yang hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa Batam berbeda dengan daerah-daerah lain yang berkembang karena memiliki sumber daya alam. Sebagai sebuah kota yang tidak memiliki sumber daya alam, Batam yang di design untuk menjadi kota industri, perdagangan, perkapalan, dan pariwisata, berkembang dengan mengandalkan sumber daya manusianya, oleh karenanya kaum perempuan  di Kota Batam juga diharapkan agar dapat lebih berdaya lagi, selain sebagai ibu rumah tangga juga harus bisa sebagai pekerja yang profesional namun masih tetap menjunjung tinggi adat budaya dan tradisi.

“Yang hadir hari ini adalah tokoh-tokoh wanita yang akan menjadi penggerak bagi pembangunan Kota Batam” dan insyaallah Pemerintah Kota Batam bersama DPRD Kota Batam kedepannya akan lebih banyak lagi membuat program untuk memberdayakan kaum perempuan, ujar Dahlan.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksana sekaligus sebagai kepala BPPKB Kota Batam, Dra. Nurmadiah Arifin, M. Pd menyampaikan saat ini jumlah organisasi perempuan di Kota Batam yang terdaftar  adalah sebanyak 67 organisasi dengan jumlah anggota kurang lebih 130 ribu orang dan senada dengan apa yang disampaikan oleh Walikota Batam, beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta kaum perempuan yang hadir agar menjadi perempuan yang mandiri, cerdas, serta mampu melihat kondisi yang terjadi.

Sementara itu, tausiah yang menghadirkan penceramah Sa’adiah mengingatkan agar setelah dilatih selama satu bulan penuh pada Ramadhan yang lalu, hendaknya dapat menjadi insan-insan yang lebih peduli lagi terhadap sesama, apalagi saat ini saudara kita sedang dicoba dengan musibah gempa bumi yang terjadi di Tasik Malaya, Padang, Sumatera Barat dan Jambi.

Organisasi Perempuan, Bundo Kanduang, yang mengisi acara dengan menampilkan cerita gambaran musibah gempa bumi di Padang, Sumatera Barat membuat seluruh peserta yang hadir menjadi terharu, bahkan kebanyakan dari peserta yang hadir menitikkan air mata saat menyaksikan pertunjukan dari ibu-ibu dibawah binaan Tin Adam itu.

Acara halal bihalal yang juga dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Syamsul Bahrum, Ph.D, Kabag Kesra, Salim, S.Sos, Kabag. Protokol, Aspawi Nangalie, dan Kabag. Humas, Drs. Yusfa Hendri, M. Si. Acara ditutup dengan acara salam-salaman dan makan siang bersama.

(*crew_humas/rs)

Foto Lainnya**

Dahlan Ajak Perempuan Kota Batam Tingkatkan Partisipasi Dalam Pembangunan Kota Batam ft : Ader