walikota batam memberi komentar pada sebuah produk pada saat Meninjau Batam Expo 2008 di Sumatera Promosi Centre. photo by; irwansyah PBATAM - Penunjukan kota Batam sebagai salah satu kota MICE di Indonesia bukan tanpa alasan strategis yang dimiliki daerah yang berpenduduk hampir 1 juta orang tersebut. Salah satu perhelatan yang sangat potensial digelar di Batam adalah eksibisi dalam bentuk pameran berbagai produk unggulan maupun potensi yang dimiliki daerah-daerah di Indonesia.

Salah satu pameran yang sudah sangat akrab digelar di Batam adalah Batam Expo sebagai sarana bertemunya para penyedia barang/jasa dengan pengguna baik dari regional maupun internasional.
Perhelatan Batam expo tahun 2009 ini memiliki keunikan khusus dengan memaduserasikan kegiatan tersebut dengan Visit Batam 2010 serta melakukan sosialisai ditetapkannya Batam sebagai salah satu wilayah Free Trade Zone.

Kepala Badan Penanaman Modal Kota Batam Drs. Pirma Marpaung, selaku fasilitator yang ditugaskan untuk mendukung pameran tersebut menggelar rapat pada Jumat (1/05) di ruang rapat BPM dengan agenda persiapan Batam Expo. Batam expo merupakan wujud kerjasama antara Pemerintah Kota Batam dan PT Solindo Duta Convex serta didukung pula Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Otorita Batam, Kementrian Koperasi dan UKM RI dan Departemen Perdagangan RI serta Departemen Perindustrian RI.

Sebagaimana segmentasi yang menjadi roh penyelenggaraan Batam Expo sebelumnya, maka pada tahun ini para peserta yang sudah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti acara ini lebih didominasi dalam upaya memperkenalkan produk-produk unggulan daerah dan peluang investasi guna turut mendorong percepatan pembangunan ekonomi bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, sebagaimana yang telah dijadwalkan akan menghadiri pembukaan salah satu pameran terbesar di wilayah sumatera ini menyampaikan perhelatan Batam expo yang kesembilan kalinya ini mempunyai posisi strategis dalam meperkenalkan tahun kunjungan Batam tahun 2010 serta menggaungkan status Free Trade Zone Batam, Bintan dan Karimun kepada seluruh stakeholders dalam dan luar negeri, ungkapnya disela-sela penyambutan wisatawan pada penerbangan perdana firefly di Bandara Hang Nadim Batam.

Batam Expo akan dibuka hari Rabu (6/5) pukul 19.30 malam tersebut akan berlangsung selama kurang lebih 1 minggu sampai tanggal 10 Mei 2009 di Gedung Sumatra Promotion Center Batam. Dari catatan panitia penyelenggara, hampir seluruh propinsi di Indonesia mengikuti event besar ini. Berbagai potensi yang dimiliki oleh kabupaten/kota se-Indonesia sebagai peserta Expo akan digelar, begitu juga pelaku dunia usaha. Oleh karena itu event ini menjadi sangat penting untuk dapat diagendakan dalam program masing-masing pemerintah kabupaten, kota di tahun 2010 serta tahun-tahun setelahnya. Demikian pula halnya dengan mitra binaanya, koperasi usaha kecil, dan menengah dapat memanfaatkan event ini guna perluasan jaringan usaha dan pemasaran. Jumlah keseluruhan peserta 140 dengan 180 stand, terang Chairul, perwakilan PT Solindo Duta Convex selaku event organizer perhelatan tersebut.

Sebagai bentuk kerjasama yang telah dirancang sejak awal dengan berbagai pihak, dalam acara pembukaan juga akan diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Pemerintah Kota Banjarmasin dan penandatanganan Letter of Intens (LoI) dengan Kerajaan Johor Baru Malaysia tentang kerjasama dalam promosi berbagai produk unggulan yang ada pada kedua negara.

Persiapan tempat dimulai hari ini, sampai dengan hari H-1. Sebagai sarana rekreasi dan hiburan kepada masyarakat, “Setiap hari ada hiburan, telah disediakan dua buah panggung diluar dan didalam arena Expo tersebut,” terang Chairul. Salah satunya 8 Mei nanti rencananya Batam Expo akan mendatangkan Ustadz Yusuf Mansyur yang akan mengadakan talk show tentang “nikmatnya sedekah”.

Perwakilan dari UKM, juga berharap panitia mengajak para pelajar SMP dan SMA untuk turut hadir di Batam Expo, untuk memperlihatkan semarak Batam Expo disiang hari serta memperkenalkan berbagai produk asli Indonesia yang dipamerkan dalam Batam Expo tersebut.

Hadir pula dalam rapat persiapan tersebut, Kadisperindag, Disparbud, PMPK-UKM, Kominfo, dan wakil dari PT Solindo Duta Convex.

(*ttn&nn)