img_0158

BATAM – Program perluasan kesempatan belajar yang merupakan upaya terencana untuk mengembangkan potensi dini dan peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian integral dan semangat fundamental dari upaya pembinaan dan pengembangan Pendidikan. Sebagai isu yang terkait dengan pelaksanaan program pembinaan pendidikan merupakan prioritas dalam agenda Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi di Hotel Vista (2/6) untuk menyamakan persepsi dalam mengatasi dan mengantisipasi berbagai permasalahan pendidikan di Kota Batam.

Wakil Walikota Batam Ir H Ria Saptarika mengatakan, rapat koordinasi dan sinkronisasi ini sebagai perekat untuk dialog dan komunikasi antara Dinas Pendidikan dan Sekolah Negeri maupun Swasta. Komunikasi yang baik diharapkan akan berdampak terhadap koordinasi yang sinergi antara Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di Batam, melalui koordinasi dan sinkronisasi ini diharapkan dapat memperoleh suatu masukan pemikiran, rumusan serta kesepakatan yang menunjang upaya pembinaan dan peningkatan mutu pendidikan sebagaimana yang kita inginkan kata Ria sebagai Nara Sumber Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi.

Ria menyebutkan, koordinasi dan sinkronisasi adalah untuk menghimpun sekaligus merumuskan pola dan strategis pendidikan yang lebih menitik beratkan pada pemberdayaan sekolah, potensi daerah serta peran dari masyarakat.

Untuk itu diperlukan adanya suatu pendekatan yang sistematis yang memuat pola kerja, pembagian tugas, tanggung jawab dan wewenang yang jelas serta transparan sehingga tidak terjadi duplikasi kebijakan. Terdapat tiga tantangan besar yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini, pertama akibat krisis ekonomi global, dunia pendidikan dituntut untuk mempertahankan hasil pembangunan dunia yang telah dicapai. Kedua, mengatasi era globalisasi, dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten agar mampu bersaing dalam pasar kerja global. Ketiga, sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah, perlu dilakukan perubahan dan menyesuaikan system pengelolaan pendidikan nasional sehingga dapat mewujudkan proses pendidikan yang bermutu yang lebih demokratis, memperhatikan keberagaman kebutuhan / keadaan daerah peserta didik, serta mendorong partisipasi masyarakat dengan tantangan dan permasalahan besar yang dihadapi dunia pendidikan, sudah seharusnya para pengelola pendidikan yang bermutu, sebagaimana yang kita harapkan dapat kita realisasikan.

Ria dalam Pengarahan Khusus Kebijakan Strategis Pemerintah Kota Batam mengatakan adanya tujuan khusus berupa, Mensosialisasikan kebijakan bidang pendidikan tentang pembinaan dan peningkatan mutu pendidikan. Menyamakan persepsi tentang rencana program pelaksanaan kegiatan di Dinas Pendidikan Kota Batam tahun anggaran 2009. Mensinkronisasikan pelaksanaan program kegiatan tahun anggaran 2009 antara Dinas Pendidikan dan sekolah negeri maupun swasta. Mencari masukan untuk penyempurnaan program kegiatan Dinas Pendidikan Kota Batam dimasa yang akan datang marilah kita tingkatkan kinerja lembaga Pendidikan untuk mewujudkan Pendidikan yang berkualitas imbuh Ria .<wr>

Foto Yang lainnya

img_0115img_0127img_0068