Wako Lepas Mubaligh Batam f ; IMG_8177BATAM – Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melepas Mubaligh yang tergabung dalam Persatuan Mubaligh Kota Batam (PMBK). Para Mubaligh ini akan mengisi ceramah selama bulan ramadhan. Dahlan berpesan kepada para Mubaligh agar dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui ceramah yang disampaikan. Pelepasan ini juga dibarengi dengan peluncuran Perda Nomor 3 Tahun 1999 tentang Zakat di Kota Batam. Tema yang diusung dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah “Kita tingkatkan peran pengelolaan zakat dan kesadaran mazzaki untuk kesejahteraan umat”.“Sosialisasi Perda zakat sangat penting. Saya mengucapkan terimakasih kepada Mubaligh yang turut beperan dalam mensosialisasikan Perda ini melalui ceramah yang disampaikan kepada masyarakat,” ujar Dahlan dan melepas para Mubaligh dengan membacakan Alfatiha di Masjid Raya Batamcentre, Selasa (18/8).

Ketua PMBK, Chablullah Wibisono mengatakan jumlah Mubaligh yang dilepas sebanyak 812 orang. Sebelum para Mubaligh dilepas ketengah masyarakat untuk mengisi ceramah dibulan puasa, terlebih dahulu mereka mendapatkan pembekalan. Pembekalan diberikan oleh Agus Mustofa, Kapoltabes Barelang, Leonidas Braksan dan Nyat Kadir. PMBK menurutnya menjadi mitra Pemerintah Kota Batam untuk mensosialisasikan Perda Zakat. Sehingga dapat meningkatkan akumulasi zakat dan investasi.

“Yang hadir dalam pelepasan ini sekitar 500 san Mubaligh. Sosialisasi Perda Zakat melalui ceramah agama merupakan cara efektif,” paparnya.

Ditambahkan oleh Maryono selaku pelaksana harian PMBK, dari 812 anggota PMBK sebanyak 720 orang yang turun melaksanakan ceramah dibulan ramadhan. Ia membenarkan bahwa dalam isi ceramah yang disampaikan mubligh akan disinggung mengenai Perda Zakat yang telah disahkan oleh Pemko Batam dan DPRD Kota Batam. Katanya, setiap tahun kegiatan ceramah dibulan ramadhan diisi oleh mubaligh yang tergabung dalam PMBK. Secara bergiliran seluruh mubaligh ini akan mengisi ceramah di 12 kecamatan di Kota Batam.

“Benar kita menerima bantuan transportasi dari Pemko Batam. Tapi berapa jumlahnya kita belum tahu,” ujarnya.

Secara simbolis, Walikota juga menyerahkan bantuan transportasi kepada perwakilan Mubaligh di 12 Kecamatan se Kota Batam. Mubaligh lainnya dapat mengambil langsung bantuan transportasi itu ke Bagian kesra Kota Batam. Pelepasan Mubaligh kemarin dihadiri oleh Kakandepag Kota Batam, Khudri Syam dan Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Kh Usman Rahman.(*yf)

Wako serahkan bantuanIMG_8202