Masjid Raya Batam f; Hari (5)Taj20Mahal20Agra20India-full newBATAM – Batam kembali akan menjadi tuan rumah salah satu perhelatan akbar di Asia Tenggara setelah meraih sukses dengan beberapa penyelenggaraan even manca negara dalam berbagai bidang sebelumnya. Adalah festival Masjid bersejarah yang akan diselenggarakan mulai tanggal 18 – 28 Oktober 2009 bertempat di pusat perbelanjaan Nagoya Hill. Kegiatan ini akan diikuti oleh 33 provinsi di Indonesia dan 9 negara di Asia Tenggara.

Untuk mempersiapkan kegiatan tersebut, panitia telah dibentuk untuk menggali berbagai potensi wisata religi yang terkandung dalam festival tersebut serta membuat blue-print berbagai bangunan Mesjid bersejarah yang ada di Indonesia dan ASEAN.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan pagi ini (21/7) yang langsung memimpin rapat panitia tersebut menyampaikan harapannya dengan festival Mesjid bersejarah di Indonesia dan negara-negara ASEAN tersebut akan menghasilkan berbagai pengetahuan tentang sejarah yang terkandung dalam pembangunan rumah ibadah umat Islam tersebut sesuai dengan umur bangunan dan pemanfaatannya dalam pengembangan umat Islam di Asia Tenggara, ungkapnya. Hal ini dapat diawali dengan pergelaran festival tersebut sehingga berbagai informasi yang ada dapat dipamerkan selama kurang lebih 2 minggu tersebut di Batam, terangnya lagi.

H.M Natsir Zubaidi, Sekjen Pengurus Pusat Dewan Mesjid Indonesia menyampaikan bahwa masjid bagi umat Islam bukan hanya sekedar tempat ibadah tetapi telah menjadi comunity centre tempat melakukan berbagai macam aktivitas untuk mengembangkan nilai-nilai Islami serta membangun silaturahim, katanya.

Pelaksanaan festival mesjid di Batam ini merupakan yang ke 4 kalinya setelah 3 penyelenggaraan sebelumnya selalu dilakukan di Jakarta. Kegiatan festival masjid ini nantinya juga akan disejalankan dengan penyerahan penghargaan berupa award, penyelenggaraan seminar dan pencanangan “Green Mosque” serta berbagai perlombaan.

Mengingat nilai historis religius yang terkandung dalam penyelenggaraan festival dimaksud, Presiden RI akan didaulat untuk membuka acara tersebut secara resmi nantinya.

Dengan kunjungan wisatawan dari berbagai negara, diharapkan acara ini juga dapat mendukung visit Indonesia dan visit Batam. Rapat yang bertempat di ruang presentasi kantor Walikota Batam tersebut juga hadir Ketua BP Kawasan Mustofa Wijaya, Kakandepag Khudri Syam, dan sejumlah panitia penyelenggara.

(humas_crew/yf)