Menjelang peringatan detik-detik proklamasi, Minggu (16/8) malam digelar pawai obor atau Taptu. Bertindak sebagai penanggung jawab pelaksana kegiatan upacara Taptu Kodim 0316 Kota Batam. Ratusan peserta mulai dari unsur kepolisian, instansi vertikal di Kota Batam, perwakilan pegawai Pemko dan pelajar di Kota Batam. Star peserta pawai obor dimulai dari Hotel Pacific Palace, Jodoh.

Upacara pelepasan pawai obor dimulai usai Shalat Maghrib berjamaah bersama seluruh peserta dan Unsur Muspida. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Dandim 0316 Ahadi Hartanto. Upacara dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman, Ketua DPRD Kota Batam, Kapoltabes Barelang, Leonidas Braksan, Waka Poltabes Barelang, Agus Sulistiyono dan Unsur Muspida lainnya.

Suasana upacara berlangsung khidmat ketika marching band Bahana Barelang membawakan Mars Taptu. Dilanjutkan dengan pemasangan obor secara simbolis yang diwakili dari pelajar, anggota Kodim dan personil Satpol PP oleh Inspektur Upacara. Baru setelah itu seluruh peserta pawai obor dilepas oleh Walikota bersama unsur Muspida.

Rombongan peserta pawai obor diiringi oleh marching band Bahana Barelang membawa lagu Tak Gendong Kemana-mana dan Madu Tiga. Rute yang dilalui menuju Jalan Duyung, Planet Holiday, Simpang Lippo Bank dan berakhir di Hotel Melia Panorama.

Malam harinya, pukul 23.00 WIB, Walikota Batam bersama Unsur Muspida menuju Taman Makam Pahlawan Bulang Gebang menggelar renungan suci. Sebagai penanggung jawab pelaksana kegiatan Renungan Suci adalah Lanal Kota Batam. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Danlanal Kolonel Laut (P) Purwanto. Rnungan suci bersama digelar untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada keesokan harinya, Senin (17/8) digelar upacara memperingati detik-detik proklamsi di halaman parkir Sport Hall Temenggung Abdul Jamal yang dipimpin oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan.

Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemko) Batam menambahkan pelaksanaan pawai obor dalam rangka memperingati HUT RI Ke 64 tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Dimana sebelum peserta pawai obor dilepas digelar Shalat Maghrib berjamaah. Yusfa mengatakan pelaksanaan upacara pelepasan pawai obor berlangsung khidmad dan lancar. Puncaknya pada pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi keesokan harinya dapat berjalan sukses seperti pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT RI lainnya.

“Panitia kegiata HUT RI ke 64 telah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari mensterilkan lapangan upacara di halaman parkir sport hall Temenenggung Abdul Jamal hingga tempat pelaksanaan malam ramah tamah di Politeknik Batam yang akan diselenggarakan pada Senin malam,” kata Yusfa.(***)