Shalat Idul Fitri Dipusatkan di 391 Titik

Sempena Idul Fitri, Dari Pawai Takbir Hingga Open House ft : JokoBATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menetapkan pelaksanaan lokasi shalat Idul Fitri di 391 titik yang tersebar di 12 kecamatan. Seperti tahun lalu, Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri menyebut pelaksanaan Shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Raya Batamcentre. Perincian Shalat Idul Fitri dilaksanakan di Kecamatan Bengkong 31 titik, Kecamatan Kecamatan Sekupang 31 titik, Kecamatan Batu Ampar 27 titik, Kecamatan Nongsa 49 titik, Kecamatan Sagulung 54 titik, Kecamatan Sei Beduk 25 titik, Kecamatan Bulang 18 titik, Kecamatan Galang 39 titik, Kecamatan Lubuk Baja 31 titik, Kecamatan Batu Aji 18 titik, Kecamatan Batam Kota 47 titik dan di Kecamatan Belakang Padang 21 titik.

“Penetapan ini merupakan hasil rapat persiapan yang digelar di lantai IV Pemko Batam, Diputuskan Shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Raya Batamcentre, karena Dataran Engku Putri masih dalam tahap renovasi,” kata Yusfa.

Namun sebelum Shalat Idul Fitri dilaksanakan, pada malam harinya digelar pawai takbir. Pawai takbir ini digelar untuk diperlombakan dan masing-masing kecamatan mengirimkanutusan minimal lima kendaraan hias. Pemko Batam juga mengharapkan partisipasi Ormas, dinas dan instansi untuk ikut serta dalam kegiatan pawai takbir ini.

Rute yang akan ditempuh oeserta yakni dimulai dari Simpang Kabil, Simpang Jam, Baloi Centre, Tanjunguma, Simpang Nan Tongga, depan Polsek Batuampar, Seraya tasa, Ramako, Patung Kuda, Sei Panas dan kembali finished di Masjid Raya. Panjang rute yang ditempuh oleh peserta pawai taknir ini sepanjang 50 kilometer.

“Peserta pawai takbir akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama unsur Muspida,” katanya.

Keesokan harinya digelar Shalat Idul Fitri yang dipusatkan di Masjid Raya dan dilanjutkan dengan Open Hause. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika bersama unsur Muspida menggelar Open Hause di Asrama Haji. Yusfa mengatakan,a cara Open Hause ini dapat dihadiri masyarakat Batam sambil bersilahturahmi dengan Walikota dan unsur Muspida.

“Baru pada kesekokan harinya, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menggelar Open Hause di kediaman. Lusa giliran Bapak Wakil Wali Kota, Ria Saptarika menggelar Open Hause di kediamannya,” pungkasnya.(crew_humas/dv)