Kenang Jasa Pahlawan, Hentikan Aktivitas Selama 1 Menit

Share

BATAM – Pemerintah mewajibkan seluruh warga Negara Indonesia untuk melaksanakan hening cipta serentak secara Nasional, Sabtu (10/11) pukul 08.15 WIB. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari pahlwan 2012.

Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata mengatakan Kementrian Sekretaris Negara sudah mengeluarkan petunjuk pelaksanaan hening cipta serentak nasional tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara. “Pemerintah berharap agar masyarakat berperan serta dalam Peringatan Hari Pahlawan dengan cara menyebarluaskan nilai-nilai kepahlawanan, menggugah hati orang untuk berbuat  yang bermanfaat bagi kemajuan negeri,” katanya.

Hening cipta ini serentak dilaksanakan dari tingkat pusat sampai daerah. Di pusat, pada upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama ditandai dengan bunyi sirine selama satu menit. Di tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaen dilaksanakan pada Upacara bendera
di halaman kantor Gubernur/Kota/Kabupaten serta di kantor-kantor instansi pemerintah, swasta dan lainnya. Di tingkat Kecamatan/Kelurahan/Desa pada upacara bendera di tempat upacara. “Imbauan ini juga berlaku di jalan raya dan masyarakat,” sebut Ardi.

Menurut Ardi, setiap orang yang mendengar tanda-tanda dimulainya hening cipta wajib menghentikan kegiatan selama 60 detik untuk hening cipta seperti di pasar, stasiun kereta api, terminal bis, pelabuhan udara/laut, tempat keramaian lainnya, rumah-rumah, sekolah, kantor, pabrik, kendaraan dan lainnya.

Hening cipta ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawannya, melestarikan dan memasyarakatkan Nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial untuk dapat dihayati, diamalkan dan didayagunakan sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari segenap bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa  dan bernegara. Selain itu juga untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa, semangat serta cita-cita para Pahlawan di kalangan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan nasional.

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -