Ribuan Pelamar CPNS Antri Daftar Ulang

Share

BATAM- Hari pertama pendaftaran ulang dihadiri ribuan Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus seleksi administrasi, Senin (6/12). Sejak pukul 07.00 WIB, para pelamar CPNS yang akan mendaftar ulang sudah duduk memenuhi tenda yang disediakan oleh panitia. Padahal, Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam membuka jadwal pendaftaran ulang sejak Senin, Rabu dan Kamis (6-8-9/12) 2010. Ketika panitia membuka konter pendaftaran ulang, ribuan pelamar yang lulus seleksi administrasi yang telah antri itu pun langsung berbaris dan secara tertib mereka antri di meja panitia sesuai dengan formasinya masing-masing.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Firmansyah yang memantau langsung pelaksanaan kegiatan daftar ulang hari itu mengatakan, pelamar CPNS yang mendaftar hari itu mencapai separuh dari jumlah CPNS yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Adapun jumlah pelamar CPNS yang dinyatakan lulus seleksi CPNS sebanyak 7.470. Katanya, panitia yang bertugas untuk melayani pelamar yang akan mendaftar ulang itu paling banyak ditempatkan pada formasi teknis.

“Untuk formasi guru kita siapkan lima orang petugas, kesehatan empat petugas dan untuk formasi teknis kita buka sembilan meja. Pendaftaran ulang kita mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB,” ujar Firman yang turun langsung memantau pendaftaran ulang CPNS pada hari pertama itu.

Bagi mereka yang mendaftar ulang harus membawa ijazah dan transkrip nilai serta KTP asli, selembar pas foto hitam putih 3 X 4 cm, dan materai Rp6000. Bagi pelamar tenaga guru, saat daftar ulang membawa akta mengajar atau sertifikat profesi asli. Tenaga dokter menyertakan Surat Tanda Registrasi asli. Untuk apoteker harus membawa sertifikat profesi apoteker asli. Tenaga bidan dan perawat menyertakan Surat Izin Bidan dan Surat Izin Perawat asli. Juga berlaku bagi pelamar formasi asisten apoteker wajib membawa Surat Izin Asisten Apoteker asli.

”Bagi peserta yang tidak melengkapi persyaratan administrasi yang disebutkan maka dinyatakan gugur. Bagi yang tidak mendaftar ulang sampai dengan batas waktu yang ditentukan dinyatakan mengundurkan diri,” jelasnya.

Panitia CPNS Batam 2010 juga memberi kesempatan bagi pelamar yang ingin menyampaikan komplain. Pada hari pertama itu selain pelamar yang lulus seleksi administrasi yang ingin mendaftar ulang, peserta yang komplain karena tidak lulus seleksi administrasi juga datang ke Kantor BKD. Mereka secara satu persatu menemui panitia dan mempertanyakan ketidaklulusannya. Selain itu panitia juga membuka konter bagi mereka yang lulus seleksi administrasi namun terjadi pengetikan nama atau tempat dan tanggal lahirnya. Waktu untuk komplain tersebut menurutnya sama dengan waktu pendaftaran ulang yakni dua hari dan pada saat jam kerja. Jadi, katanya, bagi mereka yang merasa berkas persyaratannya lengkap dan benar, ternyata namanya dinyatakan lulus, bisa datang ke kantor BKD dengan syarat membawa resi pengiriman asli dari kantor pos.

Dari 7.470 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, 1.947 di antaranya merupakan pelamar formasi guru, 1.425 untuk tenaga kesehatan, dan 4.098 tenaga teknis. Mereka akan memperebutkan 321 formasi yang dibuka pada penerimaan CPNSD Kota Batam tahun ini.

Setelah daftar ulang, maka setiap peserta akan bersiap untuk menghadapi ujian tertulis yang akan dilaksanakan pada Sabtu (11/12). Lokasi ujian yaitu di Sekolah Harapan Utama Batam Centre untuk Formasi Guru dan Kesehatan dan Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batuaji bagi peserta ujian bagi Formasi Teknis. Sementara untuk pengumuman tes tertulis dilaksanakan pada Jumat (24/12).

(crew_humas/dv)

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -