tarian china. Foto by: Irwansyah, PBATAM- Sukses menggelar Perayaan Deepavali Celebration 2009, Minggu (28/11) di Kawasan Mega Wisata Ocarina, kembali pada Minggu (6/12) digelar festival Batam Chinese Fashion dan Dance. Acara yang dimulai dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB ini digelar di Kampoeng Indonesia Ocarina. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti mengungkapkan, festival ini diselenggarakan antara Disparbud yang bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan INTI.

Acara ini akan menampilkan pagelaran busana batik Cheongsam dan Kebaya Encim. Serta berbagai bentuk kesenian etnis Tionghoa yang ada di Batam dan Kepri. Seperti penampilan Barongsai dan seni pentas lainnya. Diselenggarakannya acara ini untuk memberikan apreasiasi kepada seni budaya atnis Cina yang memperkaya kebudayaan nasional. Selain itu acara ini merupakan salah satu event untuk menyukseskan Visit Batam 2010.

Guntur mengatakan acara ini akan didominasi oleh kebudayaan Cina, tanpa menghilangkan nuansa pribumi. Diharapkan event ini dapat menjadi tontonan menarik bagi Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang berkunjung ke Batam. Agar Wisman dapat menyaksikan festival ini, Disparbud telah bekerjasama dengan agent travel untuk mempromosikan acara ini.

Agenda lain yang telah disiapkan untuk mendukung Visit Batam 2010 yakni Parade Budaya Nusantara yang diselenggarakan Jumat (11/12). Peserta parade akan memulai aksinya dari samping Hotel Panorama regency dan berakhir di depan Hotel Nagoya Plaza. Untuk kegiatan ini Disparbud telah mengundang 33 paguyuban yang terdapat di Kota Batam. Melalui event ini akan ditampilkan berbagai demonstrasi budaya nusantara yang unik dan atraktif. Dengan atraksi yang atraktif ini, maka Wisman yang menyaksikan akan melihat bahwa parade ini merupakan sesuatu yang unik.

Data yang diterima Disparbud hingga bulan Oktober lalu jumlah Wisman yang berkunjung ke Kota Batam sebanyak 972.195 orang. Mengalami kenaikan 9,21 persen dibandingkan bulan September. Dengan beragam event yang telah diselenggarakan, Guntur Optimis target Wisman satu juta di tahun 2009 akan tercapai.

(crew_humas/dv)