BATAM- Selama sepuluh hari ke depan akan diselenggarakan Batam Chinese Festival Tahun 2010 di Komplek Bumi Indah, Nagoya yang akan dimulai dari pukul 18.00 hingga 23.00 WIB. Acara ini mulai digelar pada Jumat (5/2) hingga Sabtu  (13/2)  dan Minggu (20/2) mendatang.  Festival budaya Cina merupakan tradisi dari etnik Cina yang sangat penting dan dikenal dengan nama “Lunar New Year ” dikalangan Barat. Festival ini dimulai pada bulan pertama di kalender Cina dan berakhir pada hari ke 15, dan disebut dengan “Latern Festival”. Tentunya acara ini diselenggarakan dalam rangka mendukung Visit Batam 2010 dan merupakan kegiatan yang telah ditetapkan sebagai kalender event pada tahun 2010 ini.
Pemerintah Kota (Pemko)  Batam dan PSMTI Batam dengan bangga mempersembahkan Festival budaya Cina, yang akan diramaikan dengan berbagai parade budaya tradisional untuk masyarakat awam lainnya. Pada acara Festival Budaya Cina ini juga akan disajikan berbagai kuliner halal  tradisional Cina, peragaan busana Cina, dan berbagai tari traditional lainnya. Menyemarakkan acara ini  akan dipasang lampion disepanjang rute festival ini di Nagoya dan berbagai persembahan spektakular.
Pada hari pertama, acara akan diisi dengan atraksi Barongsai, karaoke, Modern Dane dan pembagian paket Sembako.

Dilanjutkan pada hari ke dua yakni Tarian Budha Maitheria. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan acara ini juga akan mengikutkan anak sekolah yang ada di Kota Batam. Anak-anak sekolah itu nantinya akan menampilkan modern dance dan akan unjuk kebolehannya pada hari ke tiga di acara Batam Chinese Festival. Penampilan lainnya yakni Chinese Operas, Atraksi Taichi dan bahasa isyarat.

Festival ini juga akan dimeriahkan dengan acara Karaoke oleh artis local, Xue Thing dan Tian Tian yang berasal dari Tanjung Pinang. Pada hari Sabtu (13/2) acara akan dimeriahkan dengan petasan dan kembang api, atraksi barongsai dan pembagian angpau. Masyarakat yang menyaksikan acara ini juga akan dihibur dengan penampilan artis local Cie Li, Coo, Sandola dan Li Yu Wen. Selanjutnya acara akan dilanjutkan pada Minggu (20/2) dengan acara parade budaya yang dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Dan dilanjutkan pada pukul 19.00 sampai dengan 23.00 WIB yakni atraksi barongsai, penampilan modeling oleh Putri PSMTI dan atraksi Saholin. Melalui festival ini dihaapkan dapat menarik Wisman baik dari luar maupun domestic untuk berkunjung ke Batam. Saksikan dan jangan lewatkan kemeriahan dari Festival Budaya Cina, hanya ada di Nagoya.

(crew_humas/dv)