Yogyakarta- Sebanyak 24 orang siswa SMAN 3 Batam mengikuti pertukaran pelajar ke Yogyakata. Selasa (2/2) Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika menghadiri pertukaran pelajar di Ruang Utama Atas Balaikota Yogyakarta. Rombongan siswa SMAN 3 tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Yogyakarta H Rapingun. Dalam kesempatan itu atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Batam Ria menyampaikan ucapan terimakasihnya. Terlebih Pemerintah Kota Yogyakarta dalam hal ini Dinas Pendidikan berkenan menerima siswa-siswa dari Batam untuk menjadi siswa di SMA-SMA yang dianggap favorit. Ria merasa bangga dan berharap siswa-siswa tersebut mendapatkan pengalaman atau sesuatu yang bermanfaat dari Yogyakarta. Terutama dari segi pendidikan dan seni budaya mengingat Yogyakarta dikenal sebagai Kota Pelajar.Dalam kesempatan tersebut Ria memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada guru dan komite SMAN 3 karena pertukaran pelajar tersebut tidak menggunakan APBD Kota Batam melainkan murni bersumber dari Komite SMAN 3 sendiri. Pertukaran pelajar tersebut merupakan balasan dari kunjungan Pelajar Yogyakarta, yang beberapa waktu lalu datang ke Batam. Rombongan ke-24 siswa didampingi oleh 8 orang guru, yang bertanggung jawab terhadap siswa-siswa tersebut. Mereka tinggal di Yogyakarta selama 14 hari dan ditempatkan di beberapa SMA favorit di Yogyakarta. Diantaranya SMAN 1, SMAN 3, SMAN 6, dan SMAN 8 Yogyakarta.

Selama di Yogyakarta para pelajar akan tinggal di rumah orang tua asuh. Waktu 14 hari itu dimanfaatkan para pelajar dengan bersosialisasi dan menjalankan aktivitas pembelajaran di sekolah dan kegiatan di masyarakat tempat tinggal mereka. Turut serta dalam rombongan,  Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam yang diwakili Dra. Hj. Rosmala Dewi, M.Pd, Kepala Sekolah SMAN 3 Batam Dra. Hj. Tapi Winanti, dan Komisi IV DPRD Kota Batam Diana Titik Windayati.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Rapingun yang mewakili Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyadari pentingnya pendidikan dalam era gobal yang kian kompetitif ini, kualitas pendidikan merupakan kebutuhan mutlak. Terkait dengan program pertukaran pelajar dari Kota Batam, Rapingun akan mendukung dan membantu para siswa serta membuat betah dengan semangat paseduluran wong Jogja selama melaksanakan program ini. Dengan demikian pertemuan ini menjadi awal yang baik bagi kerjasama selanjutnya, khususnya di bidang pendidikan sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan antara Kota Yogyakarta dengan Kota Batam.

Rapingun menutup sambutannya dengan harapan siswa-siswa tersebut dapat menikmati setiap moment  dalam program pertukaran pelajar serta memperluas pemahaman terhadap keanekaragaman budaya daerah dalam interasinya dengan masyarakat Yogyakarta serta dapat menambah wawasan dan pengalaman yang baru dan bermanfaat bagi kehidupan di masa datang.

(crew_humas/nn)