BATAM- Safari Ramadan Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan bertempat di Pulau Sembur Kelurahan Galang Baru, Kecamatan Galang pada Kamis (12/8) malam. Wako bersama rombongan menggelar buka puasa bersama dengan masyarakat setempat di Masjid Al-Ikhlas Pulau Sembur. Rombongan kedatangan Wako disambut hangat oleh Camat Galang, Leo Putra bersama masyarakat Pulau Sembur. Adapun tema yang diusung pada pelaksanaan Ramadan 1431 H di pulau tersebut yakni “Dengan Puasa Ramadan 1431 H/2010, Kita Bersihkan Hati Eratkan Silahturahmi dan Dekatkan Diri Pada Ilahi”. Acara safari Ramadan hari itu diawali dengan pembacaan ayat Suci Al-qur’an dan dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Zulkarnain Umar. Usai berbuka seadanya, dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah. Barulah dilanjutkan dengan buka bersama antara Wako dengan masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Wako juga menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu yang terdapat di sekitar pulau. Kemudian dilanjutkan dengan Shalat Isya berjamaah. Usai menunaikan shalat Isya, acara dilanjutkan dengan ramah tamah antara Wako dengan masyarakat setempat. Melalui Pengurus Masjid Al-Ikhlas, H Bahtiar, diketahui bahwa penduduk setempat memerlukan Sekolah Menengah Pertama (SMP) bagi anak-anak mereka. Saat ini di Pulau Sembur hanya terdapat Sekolah Dasar (SD) 004. Sementara jika anak mereka lulus SD dan akan melanjutkan ke tingkat SMP, maka harus sekolah ke SMP 32 yang terletak di Air Lingka.

“Untuk itu kami mengusulkan agar dibangunkan sekolah satu atap. Ini tentu akan mempermudah anak-anak kami untuk melanjutkan sekolahnya hingga ke bangku yang lebih tinggi,” ujar Bahtiar dalam sambutannya.

Hal lain yang diharapkan masyarakat setempat dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam yakni pembangunan batu miring. Pasalnya, apabila air laut pasang, maka sampah yang terdapat di laut akan naik ke darat. Untuk itu sangat diperlukan pembangunan batu miring. Terkait pelantar, maka pelantar yang ada di pulau itu sudah terbuat dari beton. Namun belum memiliki terminal. Kepada Wako yang hadir langsung di tengah-tengah masyarakat Pulau Sembur, Bahtiar pun menyampaikan keinginan masyarakat agar di kampung mereka dibangun terminal pelantar dan batu miring.

“Kami sangat berharap keinginan kami ini dapat dikabulkan oleh Pak Wali. Atas kedatangan Pak Wali ke Pulau kami ini, kami sangat mengucapkan terimakasih yang telah sudi hadir,” katanya mengakhiri sambutan.

Wako yang malam itu datang bersama dengan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Batam berjanji akan membangun sekolah satu atap pada tahun 2011 mendatang di Pulau Sembur. Namun bagi siswa SMA di hinterland yang tinggal jauh dari sekolahnya, Pemko Batam telah membangun asrama bagi mereka. Diantaranya asrama putra putri tersebut terletak di Pulau Sijantung, Pulau Buluh. Pembangunan di Rempang Galang (Relang) menurutnya belum bisa dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah. Hal ini disebabkan belum dicabutnya status quo pulau tersebut oleh Pemerintah Pusat. Namun demikian, Pemko Batam, Otorita Batam bersama DPRD Kota Batam terus berkoordiansi dengan pihak Pemerintah Pusat.

“Meskipun HPL nya telah diserahkan ke daerah, kita komit akan tetap mempertahankan Kampung Tua yang sudah ada saat ini. Saya yakin daerah Relang dan khususnya Pulau Sembur ini akan maju nantinya,” ungkap Wako.

Terkait permintaan pembangunan batu miring dan terminal pelantar, terlebih dahulu akan dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Malam itu turut hadir mendampingi Wako yakni, Kadis Kesehatan, Drg. Candra Rizal, Kadisnaker, Rudi Sakyakirti, Kadis Kebersihan dan Pertamanan, Azwan, Kakankesebangpol, Zulhendri dan Kadis Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin. Dalam rombongan Wako tersebut juga turut hadir Forum Jelita tingkat kecamatan dan Ipqah.

(crew_humas/dv)