BATAM- Guyuran hujan tidak menyurutkan semangat para peserta gerak jalan beregu, Sabtu (7/8) di Jalan Engku Putri. Sebanyak 574 regu mengikuti gerak jalan 5 Km, 8 Km dan 17 Km yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Kantor Pemuda dan Olah Raga Kota Batam dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-65. Lomba gerak jalan beregu ini dilepas langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika. Selanjutnya secara bergantian pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Batam melepas para peserta lomba gerak jalan ini. Untuk kategori peserta gerak jalan beregu 5 Km putri diikuti oleh 77 regu, peserta putra diikuti oleh 77 regu, Dharma Wanita diikuti 20 regu. Untuk kategori 8 Km, peserta putri diikuti oleh 50 regu, peserta putra 95 regu dan untuk kategori umum dengan jarak tempuh 17 Km diikuti oleh 186 regu.  peserta terdiri dari pelajar SMP putra putri, pelajar SMA, SMA/MA mahasiswa dan umum putri.

Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga, Jefridin mengatakan, untuk kategori 5 Km ditempuh dalam waktu 60 menit, kategori 8 Km ditempuh dalam waktu 96 menit dan kategori 17 Km ditempuh dalam waktu 204 menit. Rute yang dilalui untuk kategori 5 Km, mulai dari Kantor Walikota-Bundatan OB-Hotel 01-Rumah Makan Pak Datuk-Taman Seruni-Yayasan Yos Sudarso-Sekolah Global-Masjid Dara dan kembali finis di Kantor Walikota.

Untuk kategori 8 Km mengambil start Kantor Walikota-Bundaran OB-Hotel 01-Rumah Makan Pak Datuk-Simpang BNI-Edukits-Perumahan Rosedale-Simpang Frengky-Politeknik-Masjid Raya dan finis di Kantor Walikota. Sementara untuk gerak jalan beregu 17 Km mengambil start dari Kantor Walikota-Bundaran OB-Hotel 01-Simpang BNI-Edukits-Simpang Jam-Polresta Barelang-Perumahan Sukajadi-Simpang Kabil-Duta Mas-Simpang Frengku-Politeknik-Masjid Raya dan kembali finish di Kantor Walikota.

Adapun yang menjadi aspek penilaian mulau dari ketepatan waktu, kelengkapan anggota regu, keseragaman, semangat dan kerapian. Hadiah yang disediakan oleh panitia untuk juara I, II dan III serta harapan I, II dan harapan III bagi masing-masing kategori berbeda. Hadiah untuk juara I kategori gerak jalan beregu 5 Km sebesar Rp1,5 juta. Juara II sebesar Rp1 juta dan juara III mendapat hadiah Rp750 ribu. Untuk kategori gerak jalan beregu 8 Km juara I mendapat hadiah Rp2 juta, juara II memperoleh Rp1,5 juta dan juara III mendapat hadiah Rp1 juta. Untuk kategori gerak jalan beregu 17 Km menerima hadiah masing-masing Rp3 juta untuk juara I, Rp2 juta untuk juara II dan Rp1,5 juta untuk juara III.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang melepas para peserta lomba gerak jalan beregu mengatakan, agar para peserta semangat meskipun diguyur hujan. Pelepasan para peserta gerak jalan beregu tersebut ditandai dengan mengibarkan bendera yang disertai dengan teriakan Merdeka sebanyak tiga kali oleh Wako dan Wawako Batam. Ditambahkan oleh Ketua Umum HUT RI ke-65, Azwan menyebut, jumlah peserta lomba gerak jalan yang diselenggarakan Pemko Batam, lebih banyak dari jumlah peserta gerak jalan yang diselenggarakan oleh Pemko Tanjung Pinang.

Menurutnya, kegiatan ini disesuaikan dengan suasana Ramadan. Seperti pelaksanaan Taptu sudah disepakati oleh Muspida untuk ditiadakan. Sementara untuk acara penurunan bendera akan digelar bersamaan dengan waktu berbuka. Malam renungan suci akan digelar pada pukul Rabu (17/8) pukul 00.00 WIB di Taman Pahlawan Bulan Gebang, Batu Aji. Menurutnya, kegiatan peringatan HUT RI telah dimulai di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Bulang, Galang dan Kecamatan Lubuk Baja.

“Kita juga menghimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera putih satu tiang penuh dari tanggal 14 Agustus sampai dengan 18 Agustus 2010,” tutupnya.

(crew_humas/dv)

foto lainnya**