IMG_5024BATAM – Untuk semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan antara pemerintah dan masyarakat seperti tahun sebelumnya, tahun ini sembilan peringatan akan dilaksanakan pada hari Kamis (3/11) di Sport Hall Temenggung Abdul Jamal. Sembilan peringatan Hari Besar tersebut dilaksanakan dalam rangkaian upacara bendera yang meliputi Hari Kesehatan Nasional ke-45, HUT PGRI ke-64, HUT KORPRI ke-38, HUT DWP ke-10, Hari Ibu ke-81, HUT PKK ke-7 tingkat Kota Batam, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Hari Pekerjaan Umum (PU) serta Hari Anti Korupsi se Dunia.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara kesembilan Hari Besar tersebut. Ke sembilan peringatan Hari Besar tersebut dilaksanakan dalam satu waktu karena disamping sama-sama jatuh pada bulan yang berdekatan, dan dimaksudkan agar lebih mengedepankan prinsip-prinsip efisiensi dan kesederhanaan, namun tetap memiliki makna hakiki dan menyentuh pesan moral kebangsaan.

Dalam upacara bendera tersebut akan dibacakan Panca Prasetya Korpri sebagai bentuk janji pegawai negeri sipil dalam memberikan pengabdiannya kepada pemerintah dan rakyat. Tak lupa pula pembacaan sejarah hari Ibu, agar semua peserta upacara selalu mengingat kepahlawanan para ibu yang telah melahirkan dan membesarkan mereka. Dan kemudian dilengkapi dengan menyanyikan lagu Mars Korpri sebagai puncak peringatan Hari Korpri ke-38. Diharapkan kedepannya Korpri lebih responsif, cepat tanggap dan mampu memberikan pelayanan dan pengabdian sesuai dengan ekspektasi masyarakat. Lagu Himne guru juga dinyanyikan agar para guru memberikan sentuhan yang profesional, berdedikasi dan bermartabat sehingga dapat mengantarkan anak-anak bangsa ke arah masa depan yang lebih cemerlang.

Bersempena dengan acara tersebut Ahmad Dahlan akan memberikan bantuan kepada anak yatim anggota Korpri sebanyak 16 orang. Dilanjutkan penyerahan kunci bedah rumah sebanyak 30 unit, dimana 15 unit untuk kelurahan mainlad dan 15 unit dikelurahan hinterland. Walikota Batam tak lupa menganugrahkan tanda penghargaan tenaga  kesehatan teladan tahun 2009 kepada 3 orang yang telah mengabdikan dirinya pada dunia kesehatan yaitu, Drg. Tohap Wong, Eva Yani, dan Sujamanto, Amd.

Penganugrahan tersebut diberikan agar pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat agar lebih dapat mengarahkan masyarakat pada peningkatan kualitas lingkungan dalam konteks meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas bangsa secara keseluruhan. Selanjutnya penganugrahan tanda penghargaan posyandu teladan tingkat Kota Batam tahun 2009 juga diberikan pada kesempatan tersebut. Penerima penghargaan tersebut diantaranya Posyandu Bougenville II Kecamatan Sekupang sebagai juara I, sebagai juara II diraih oleh Posyandu Bunda Kecamatan Batam Kota dan Posyandu Kenanga Kecamatan Batu Aji mendapatkan penghargaan sebagai juara III.

Selanjutnya diserahkan pula piagam penghargaan kepada puskesmas terbaik. Dan untuk mempermudah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Walikota Batam menyerahkan 24 unit kendaraan roda dua pada 12 kecamatan secara simbolis sebagai kendaraan operasional bagi petugas KB di lapangan. Serta dalam rangka memberikan pelayanan yang berorientasi kepuasan pelanggan, meningkatkan mutu pelayanan dan meningkatkan profesioalisme petugas kesehatan Dahlan memberikan gin bed sejumlah 6 unit dan kie kit 12 unit kepada kecamatan se-Kota Batam. Dan terakhir penyerahan sertifikat kepada peserta KB Lestari sebanyak dua pasang. Semoga upacara peringatan tersebut dapat menyatukan langkah seluruh pihak terkait dalam pembangunan Kota Batam yang maju dan sejahtera.

(*humas_crew/ttn & nn)