Seminar Perspektif Wanita, Tampilkan Tipe Wanita Ideal dan Harmonis Dalam Keseharian ft : IrwansyahSeminar Perspektif Wanita, Tampilkan Tipe Wanita Ideal dan Harmonis Dalam Keseharian ft : IrwansyahBATAM- Tim Penggerak PKK Kota Batam, menggelar seminar sehari dengan tema “Wanita Ideal Menyongsong Kehidupan Keluarga yang Harmonis” di Hotel Goodway pada Sabtu (12/12). Seminar sehari ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK Kota Batam ke-37 dan bersempena dengan Hari Jadi Kota Batam ke-180. Seminar tersebut dibuka oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Dalam sambutannya, Dahlan mengutip ucapan BJ Habibie, agar tidak melupakan jasa kaum perempuan terutama ibu dan istri. Karena ibu memiliki peran yang penting dalam perjalanan hidup seorang anak. Perempuan berperan penting tidak hanya dalam kehidupan rumah tangga, melainkan juga berperan penting dibidang social, ekonomi maupun politik.

Ketua Panitia, Nilawati Heriman, dalam kesempatan itu menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Tim Penggerak PKK Kota Batam. Kegiatan yang telah diselenggarakan berupa pengobatan gratis kepada 300 orang masyarakat kurang mampu dan pelayanan KB gratis kepada 200 orang akseptor di Kecamatan Sagulung pada Selasa (1/12) lalu. Dilanjutkan dengan anjang sana sekaligus pemberian bantuan ke Panti Asuhan Al Barkah Kecamatan Sagulung dan Panti Asuhan Nahdatul Wathan Kecamatan Sekupang  Selasa (8/12), serta ke Panti Asuhan Al Muta’alim Kecamatan Batu Ampar Rabu (9/12).

Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Gotong Royong massal dan penanaman pohon di Batu Besar Kecamatan Nongsa, Sabtu (19/12). Kemudian sunat massal pada Senin, (21/12) di Gedung Gurindam, Dinas Pendidikan Kota Batam. Tema yang diangkat adalah melalui Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini “Kita Tingkatkan Kinerja Anggota Tim Penggerak PKK”.

Mariana Ahmad Dahlan selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam dalam sambutannya mengatakan agar tipe wanita ideal dan harmonis dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Seminar sehari yang dilaksanakan ini tidak hanya membuka wacana berfikir, namun ihendaknya sebagai langkah awal untuk mewujudkan ketahanan keluarga yang pada akhirnya akan berujung pada ketahanan bangsa.

Model sekaligus anggota DPR RI, Dra. Okky Asokawati, M.Si sebagai pembicara memaparkan bahwa jika berbicara tentang perempuan, ada empat dimensi yang perlu diasah untuk menjadi seorang perempuan yang ideal. Yakni, dimensi fisik, psikis, sosial dan spiritual. Menurutnya dari empat dimensi tersebut, yang paling penting dan dapat membuat perempuan agar terlihat menarik disegala usia. Dapat tegar disetiap situasi adalah dimensi spiritual. Dengan mengasah dimensi spiritual maka kita akan menyandarkan segala sesuatu yang terjadi hanya kepada Allah.

Ia juga memberikan tips untuk mengatasi stress kepada peserta seminar, antara lain lakukan yang terbaik (do your best) dan pahami bahwa kondisi yang terjadi tidak berlaku selamanya.

Sementara itu, saat menyampaikan paparannya, Aida Ismeth Abdullah Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau sekaligus anggota DPD RI, mengucapkan selamat Hari Kesatuan Gerak PKK Kota Batam ke-37 serta Hari Jadi Kota Batam ke-180. Selanjutnya Ia mengatakan bahwa sebagai pengurus PKK saat ini yang diharapkan tidaklah hanya membuat program yang  bersifat seremonial belaka Akan tetapi program yang dapat memberdayakan serta mengoptimalkan peran perempuan dalam masyarakat. Sebelumnya panitia menampilkan demo pemakaian kerudung yang diperagakan oleh Permata Colection.

Turut hadir dalam seminar yang dihadiri lebih kurang 200 peserta, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam,  Muslimbidin, Kakanpora, Drs. Jefridin, M.Pd, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Hj. Suparti Ria Saptarika, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Batam, Dra. Hj.  Nurmadiah, M.Pd, Ketua Pikori, beberapa tokoh perempuan Kota Batam, antara lain Mariana A Damiri, Hj. Khodijah Amri.

(crew_humas/nn)