Dihadapan Para Pengusaha Timur Tengah saat Jajaki Kerjasama Investasi

Wako Batam, photo bersama dgn delegasi f; one_0107-copy1

Dahlan menyalami pimpinan rombongan -one_0028

BATAM : Sebanyak 15 negara di Timur-Tengah sedang melakukan penjajakan dan kerjasama investasi khususnya dalam bidang perdagangan, Investasi dan Pariwisata di Kota Batam. Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Batam hari ini Selasa malam (10/3), diawali dengan jamuan makan malam, Ketua Otorita Batam dan Walikota Batam menyampaikan berbagai peluang dan Investasi di wilayah perdagangan dan pelabuhan Bebas Batam.Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang didaulat menyampaikan sambutan setelah Ketua OB, Mustofa Widjadja mengatakan dengan gaya khasnya menyampaikan peluang-peluang investasi, perdagangan dan pariwisata di Kota Batam dalam 3 bahasa sekaligus. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Berhubung para pengusaha yang hadir malam itu berasal dari dunia arab terlihat terperangah dan secara refleks mengeleng-gelengkan kepala dengan pemaparan tersebut.

Setelah menyampaikan berbagai peluang investasi di Batam tersebut Walikota Batam langsung disalam pimpinan rombongan dan terlihat suasana yang sangat akrab dalam acara gala dinner tersebut yang menjadikan suasana semakin akrab dan sangat santai.

Sesuai dengan jadwal yang telah disusun Departemen Luar Negeri Republik Indonesia, besok (11/3) acara akan dilanjutkan dengan pemaparan peluang investasi dan dialog interaktif dengan keynote speech Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional dengan topik Timur Tengah sebagai pasar prospektif serta kesiapan dalam negeri dan tantangan penetrasi pasar.

Pada sesi berikutnya akan dilanjutkan dengan pemaparan peluang pasar di Timur Tengah seperti Arab Saudi, Aljazair, Jordania, Kuwait, Bahrain, Lebanon, Lybia, Maroko, Mesir, Qatar, Sudan, Suriah, Tusnisia, Uni Emirat Arab dan Yaman yang akan disampaikan oleh Kepala Perwakilan RI di Timur Tengah.

Acara ini juga dihadiri Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Timur Tengah seperti KBRI di Abu Dhabi, Beirut,  Damaskus, Kairo, Khartoum, Kuwait City, Riyadh, Tripoli dan KBRI Jeddah.

Pada siang harinya akan digelar One – on One Meeting antara pengusaha dan pelaku UKM Indonesia dengan para pengusaha Timur Tengah tersebut dengan saling tukar company profile yang disempenakan juga dengan pameran produk ekspor oleh para Pengusaha Batam dan sekitarnya.

Pada hari ketiga, kunjungan para pengusaha Timur Tengah tersebut akan ditambah dengan peninjauan langsung ke sentra-sentra industri di Batam seperti J.Ray Mc Dermott Asia Pasific, Tour di Drydock World-Batam, ke Masjid Raya  selanjutnya Tour di Batamindo Industrial Park sebelum menuju Bandara Hang Nadim Batam untuk perjalanan pulang.

(*ttn)