ONE_0518ONE_0582BATAM – Gerakan koperasi melebarkan sayapnya dengan program penanaman pohon pelindung sebagai bentuk respons dan komitmen bersama terhadap ajakan Walikota Batam beberapa waktu yang lalu setelah berhasil mempertahankan anugerah Adipura ketiga kalinya beberapa waktu yang lalu.

Gerakan Koperasi tersebut dikemas dalam bentuk penanaman pohon pelindung sepanjang jalan dari perumahan Bukit Kemuning sampai kearah kavling Mangsang kecamatan Sungai Beduk kemarin Minggu pagi (21/6) yang ditaja oleh panitia peingatan HUT ke-62 Koperasi Tingkat Kota Batam dengan dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Batam.

Dalam laporannya Kadis PMP-KUKM Kota Batam, Pebrialin, SE, M.Si, mengatakan gerakan bersama penanaman pohon penghijauan merupakan kegiatan perdana dalam rangka memperingati HUT ke 62 Koperasi yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2009. Sejumlah rangkaian acara mulai dari penanaman pohon sebanyak 500 bibit yang akan ditanam pagi ini, selanjutnya kegiatan senam massal dan sosial lainnya serta puncak peringatan pada hari Senin 13 Juli 2009 di lapangan engku putri Batam Centre dengan pelaksanaan Upacara Bendera Memperingat HUT Koperasi Tingkat Kota Batam.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, yang hadir dengan antusiasme yang tinggi, diawal sambutannya memberi salam khas dan menanyakan khabar sekitar 500 an warga Tanjung Piayu yang hadir mendukung program penghijauan tersebut. Dahlan yang memang mengetahui betul sejak awal pengembangan Batam, menyampaikan bahwa idealnya porsi pembangunan dengan pembukaan lahan di Kota Batam sebesar 40 persen saja dari total luas wilayahnya dan sisanya harus hijau, katanya serius.

Untuk itulah, kata Dahlan, betapa pentingnya gerakan penghijauan secara berkesinambungan dan dimulai dari lingkungan yang paling kecil sehingga proses penyuplaian air bersih melalui waduk-waduk dengan dukungan catchment area yang baik dapat tercipta kelestarian dan kehijauannya, lanjut nya lagi.

Masih menurut Dahlan, gerakan Koperasi kali ini yang sejatinya memiliki core bisnis dibidang perekonomian juga mengambil peran dalam mewujudkan kehijauan Kota Batam, untuk itu saya berharap seluruh elemen masyarakat dapat menyadari betapa pentingnya hidup dengan keasrian lingkungan sekitar dan selanjutnya keasrian wajah Kota Batam, ungkapnya lagi disambut tepuk tangan warga dan para undangan yang hadir.

Ketua Panitia HUT Ke 62 Koperasi tingkat Kota Batam, Bambang Juni, ST, menyampaikan pohon pelindung yang ditanam secara serentak disepanjang jalan perumahan Bukit Kemuning menuju Kavling Mangsang sebanyak 500 bibit pohon dari berbagai jenis seperti pulai, saga, tanjung, ketapang dan johar, katanya disela-sela penanaman pohon tersebut.

Setelah melakukan penanaman pohon bersama warga setempat, Wako Batam juga menyempatkan diri melihat warga perumahan GMP Tanjung Piayu yang melakukan semenisasi jalan masuk kep perumahan GMP yang seharusnya menjadi tanggungjawab developer.

Pada kesempatan tersebut, Wako menghimbau developer membangun fasilitas umum seperti jalan akses masuk dan keluar perumahan yang dikembangkannya sehingga tidak menimbulkan permasalahan, setelah himbauan tidak diindahkan maka kita tindaklanjuti dengan tindakan-tindakn tegas sesuai aturan yang berlaku, tegas Dahlan dihadapan warga yang sedang gotong royong tersebut.

(*ttn/hmscrew)