BATAM- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Mariana Ahmad Dahlan membuka acara magang menjahit di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM), Kamis (8/4). Selain membuka acara magang menjahit, Mariana juga menyerahkan bantuan peralatan menjahit serta mesin jahit kepada PKK setiap kecamatan di Kota Batam. Dalam sambutannya Mariana mengatakan bahwa magang tersebut merupakan hasil kerjasama PKK Kota Batam dengan PMP-KUKM Kota Batam. Mariana berharap kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan masyarakat dalam berwirausaha. Melalui magang ini diharapkan nantinya dapat memperkuat perekonomian keluarganya. Kegiatan magang menjahit tersebut akan dilaksanakan selama 45 hari ditambah 7 hari dengan pelatihan bordir. Peserta magang berjumlah 12 orang perwakilan dari setiap kecamatan di Kota Batam. Mereka merupakan pengrajin binaan ibu-ibu PKK yang terdapat di Kecamatan.

Mariana menambahkan, dampak positif dari perekonomian yang kuat yaitu kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat dapat dicapai dengan selalu melihat peluang yang ada di sekitarnya melalui komunikasi dan kerjasama dengan dunia usaha. Kemudian membangun kemitraan untuk menyatukan program. Tak lupa Mariana memberikan saran kepada para peserta magang agar senantiasa berupaya memperbaiki kualitas diri dengan banyak membaca dan selalu menggali pengalaman. Setelah mengikuti magang diharapkan para peserta dapat memberikan ilmunya kepada orang lain, sehingga muncul pelatih-pelatih baru yang kompeten.

Sementara Kepala Dinas PMP-KUKM sekaligus ketua panitia penyelenggara Pebrialin mengatakan para pengrajin tersebut telah memiliki ketrampilan awal namun masih perlu pelatihan lagi. Pelaksanaan magang dilakukan di Pelita dengan dua orang instruktur yaitu Edi Caniago dan Nurbaya. Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Batam khususnya Dinas PMP-KUKM dalam rangka mendorong pelaku usaha kecil di Kota Batam.Pebrialin berharap kerjasama antara PKK Kota Batam dan Dinas yang dipimpinnya berkelanjutan sehingga nantinya dapat mendorong roda ekonomi khususnya bagi peserta. Dinas PMP-KUKM akan memberikan support pemasaran product dengan melibatkan pelaku usaha pada pameran-pameran hasil usaha. Pelaku usaha di Batam mengalami kesulitan dalam hal packaging produk karenanya Pebrialin memberikan bantuan alat packaging kepada dua kelompok usaha yang bergerak dibidang makanan ringan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Batam Nurmadiah, Jajaran pengurus PKK Kota Batam, Perwakilan Dharma Wanita Kota Batam, Jajaran PKK setiap kecamatan di Kota Batam.

(crew_humas/nn)