BATAM- Dalam rangka menciptakan keterkaitan dan keterpaduan sebagai upaya percepatan peningkatan pelayanan pendidikan yang berkualitas, Dinas Pendidikan Kota Batam mengadakan rapat koordinasi sinkronisasi, Kamis (10/6) di Hotel Vista. Wakil Walikota Batam Ria Saptarika berkesempatan menghadiri sekaligus membuka rakor tersebut. Dalam sambutannya Ria mengatakan, guru merupakan profesi yang mulia baik di dunia maupun di akhirat. Seorang guru tujuannya memberi petunjuk kepada siswanya. Menanggapi mengenai rakor tersebut, Ria mengatakan saat ini merupakan waktu yang tepat karena setelah Ujian Nasional sebagai langkah awal persiapan tahun ajaran baru.Terkait koordinasi dan sinkronisasi Ria mengajak seluruh yang hadir mengambil manfaat yang sebesar-besarnya tidak hanya di bidang pendidikan namun di bidang lainnya dalam rangka mendukung program-program pemerintah. “Salah satu contohnya sekolah atau Dinas Pendidikan bersinkronisasi mensukseskan Adipura,” tambah Ria. Fungsi kegiatan koordinasi memberikan makna bagi Dinas Pendidikan dengan Kepala Sekolah agar saling bahu membahu mensukseskan program pendidikan. Kota Batam, perlu memberikan perhatian kepada pendidikan dasar karena sangat tepat apabila anak-anak mendapatkan pendidikan dari usia dini. Sehingga nantinya saat menginjak sekolah lanjutan, anak-anak lebih mudah menerima pendidikan yang diberikan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin selaku ketua panitia rakor mengatakan rapat koordinasi dan sinkronisasi tersebut sebagai perekat untuk melakukan dialog dan komunikasi antara Dinas Pendidikan dan Sekolah Negeri maupun Swasta, mulai dari TK, SD, SMP, SMA. Komunikasi yang baik diharapkan terhadap koordinasi yang sinergi antara Dinas Pendidikan dan sekolah-sekolah yang ada di Batam. “Rakor dan sinkronisasi ini diharapkan memperoleh satu rumusan pemikiran, serta kesepakatan yang menunjang upaya pembinaan dan peningkatan mutu pendidikan sebagaimana yang kita inginkan,”jelas Muslim.

Muslim menambahkan bahwa Rakor dilaksanakan selama 2 hari, 10-11 Juni 2010 di Hotel Vista. Dengan peserta 250 orang, yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Kota Batam, Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, dan Kepala Sekolah se-Kota Batam. Pengarah atau narasumber rapat koordinasi dan sinkronisasi Disdik berasal dari berbagai instansi terkait yang meliputi, Wakil Walikota Batam menyampaikan pengarahan khusus tentang arah dan kebijakan pembangunan Kota Batam, Ketua DPRD Kota Batam menyampaikan arahan, Kepala Disdik Provinsi Kepri menyampaikan tentang kebijakan pembangunan pendidikan di Provinsi Kepri dan unsur-unsur nara sumber dari para ahli menyampaikan materi terkait dengan bahan yang akan disajikan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPD RI Hardi S Hood, Ketua DPRD Kota Batam yang diwakili Ketua Tim Panggar Rudi, SE, Staf Ahli Kementrian Pendidikan Nasional Dr. H. Sulipan, Kepala Dinas Sosial Syahir, Camat dan Lurah se-Kota Batam.

(crew_humas/nn)