BATAM- Di tahun 2010, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyediakan 19.200 paket Sembako Murah dengan anggaran Rp604.800.000 pada APBD Kota Batam tahun 2010. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, kegiatan bazar Sembako murah ini bertujuan untuk memberikan bantuan Sembako bersubsidi kepada keluarga miskin khususnya dan masyarakat Kota Batam pada umumnya. Pelaksanaan bazar Sembako murah ini menurutnya dibagi dalam dua putaran. Yakni menjelang lebaran dan menjelang Natal dan Tahun Baru. Setiap putarannya, bazar Sembako murah ini akan dilaksanakan di 12 Kecamatan. Untuk putaran pertama akan dilaksanakan pada 12 Juli sampai 6 Agustus 2010 dan putaran ke dua direncanakan mulai 1 November sampai 29 November 2010.

“Melalui kegiatan Sembako murah ini, masyarakat dapat membeli dengan harga yang murah terutama dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan meringankan beban pengeluaran masyarakat terutama pada bulan Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru,” kata Yusfa.

Bazar Sembako murah ini dilaksanakan di daerah mainland dan hinterland. Untuk daerah mainland, paket yang disediakan sebesar 14.400 paket dan 4.800 paket untuk kawasan hinterland. Masyarakat dapat membeli paket Sembako murah ini dengan harga Rp50 ribu per paket. Paket Sembako tersebut terdiri dari beras super 5 Kg, gula pasir 2 Kg, dan 2 liter minyak goreng. Proses pengadaan Sembako murah ini melalui lelang Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE). Berdasarkan hasil evaluasi penawaran pelelangan tersebut maka CV Roma Bestrasi telah ditetapkan sebagai pemenang pelelangan pengadaan Sembako murah.

Untuk kelancaran penjualan paket Sembako murah ini, Bagian Perekonomian sebagai pelaksana bazar telah melakukan koordinasi dengan para camat dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Koordinasi ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan bazar mengingat tingginya animo masyarakat Batam. Untuk putaran pertama kegiatan bazar Sembako murah ini akan dimulai dari Kecamatan Belakang Padang pada Senin (12/7) dengan jumlah paket penjualan 800 paket. Di Kecamatan Sei Beduk, bazar Sembako murah akan dilaksanakan pada Rabu (14/7) dengan paket yang disediakan sebanyak 900 paket. Dilanjutkan pada Jumat (16/7) bazar Sembako murah diselenggarakan di Kecamatan Galang dengan jumlah paket 800.

Senin (19/7) bazar Sembako murah dilanjutkan di Kecamatan Sagulung dengan jumlah 900 paket. Selanjutnya 700 paket disediakan pada pelaksanaan bazar Sembako murah di Kecamatan Nongsa yang diselenggarakan Rabu (21/7). Di Kecamatan Bengkong, bazar dilaksanakan pada Jumat (23/7) dengan paket sebanyak 800. Pada  Senin (26/7) bazar Sembako murah akan diselenggarakan di Kecamatan Batam Kota dengan jumlah paket yang didistribusikan sebanyak 700 paket. Selanjutnya pada Rabu (28/7) bazar akan digelar di Kecamatan Batu Aji dengan paket yang disediakan 900 paket. Disusul pada Jumat (30/7) bazar Sembako murah di Kecamatan Bulan dengan jumlah paket 800, Kecamatan Sekupang Senin (2/8) dengan paket 700, Kecamatan Batu Ampar pada Rabu (4/8) sebanyak 900 paket dan di Kecamatan Lubuk Baja pada Jumat (6/8) dengan jumlah paket sebanyak 700 paket. Sementara untuk putaran ke dua akan diselenggarakan pada 1 November sampai 29 November 2010 di 12 Kecamatan se Kota Batam.

(crew_humas/dv)