BATAM- Kementrian Agama Kota Batam menetapkan titik Shalat Idul Fitri 1431 Hijriah di 358 titik yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Batam. Penetapan titik Shalat Ied ini, menurut Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri berdasarkan surat dari Kementrian Agama dengan Nomor: Kd.32.05/5.BA.00/1706/2010 Tentang Titik Shalat dan Pelaksanaan Idul Fitri 1431 Hijriah. Secara rinci titik Shalat Ied dibagi per kecamatan yakni di Kecamatan Bengkong terdapat 45 titik, Kecamatan Sekupang 27 titik, Batuampar 20 titik, Nongsa 36 titik, Sagulung 24 titik, Sei Beduk 26 titik, Bulang, 16 titik, Galang 41 titik, Lubuk Baja 28 titik, Batu Aji 27 titik, Batam Kota 46 titik dan Kecamatan Belakang Padang 22 titik.

“Paling banyak titik Shalat Ied tersebar di Kecamatan Batam Kota yakni 46 titik dan Kecamatan Galang 41 titik,” ungkap Yusfa.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan melaksanakan di Masjid Agung Batam pada Jumat (10/9). Sedangkan Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika menjadi Khatib Sholat Ied di Lapangan Bola Sei Harapan. Usai menunaikan Shalat Ied, Wali Kota bersama dengan Wakil Wali Kota (Wawako) Batam akan menghadiri open house yang dipusatkan di Asrama Haji, Batam Centre. Pada acara Open house tersebut juga hadir Unsur Muspida Kota Batam, Pimpinan DPRD serta Wakil Pimpinan DPRD Batam dan BP Batam. Sementara pada Lebaran ke dua (11/9), pukul 08.00 – 12.00 wib akan digelar open house di kediaman Wali Kota dan  pukul 12.00 – 20.00 wib open house dikediaman Wawako.

Pada malam Lebaran, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemko Batam menggelar takbir yang dipusatkan di Masjid Agung Batam, Batam Centre. Pada malam takbir ini juga akan dimeriahkan dengan pawai mobil hias. Rute yang akan dilalui saat takbir keliling, start dari Masjid Agung Batam menuju simpang kabil, melewati Polresta Barelang, Simpang Jam hingga Simpang Baloi. Dari simpang Baloi belok kiri, melewati Bunga Raya, Penuin, Jodoh, DC Mall, Batuampar (Jalan Yos Sudarso). Setelah itu melalui Seipanas, Simpang Kuda dan berakhir di Masjid Agung, Batam Centre.

“Masing-masing kecamatan akan mengirim kendaraan hias yang merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam dan perwakilan masjid. Kendaraan hias ini akan kita lombakan dan pengumuman pemenangnya akan kita ketahui pada pagi sebelum Shalat Ied,” ujarnya.

Yusfa menegaskan bahwa pawai takbir ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat.  Peserta pawai takbir ini menurutnya akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan beserta Unsur Muspida Kota Batam.

(crew_humas/dv)