*Wako Shalat di Masjid Raya

03BATAM – Departemen Agama (Depag) Kota Batam telah menetapkan 364 titik lokasi tempat dilaksanakannya Shalat Idul Adha 1430 Hijriah pada Jumat (27/11) yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Batam. Penetapan itu berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kota Batam Nomor 624 Tahun 2009, tentang penetapan tempat, khatib, imam dan bilal shalat Idul Adha 10 Zulhijajah 1430 Hijriah.
Sementara itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan menunaikan Shalat Idul Adha di Masjid Raya, Batam Centre. Berdasarkan hasil rapat panitia Idul Adha 1430 yang bertindak sebagai khatib di Masjid Raya adalah  Jamaluddin Noor, imam, Muslim Ahmad dan bilal M Hasyim. Shalat Ied akan dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB sampai selesai.

“Kita menghimbau agar masyarakat dapat hadir lebih awal mengingat hari itu hari Jumat. Shalat akan kita laksanakan tepat pukul 07.00 WIB, dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban dan salat Jumat,” ujar Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri.

Usai mengikuti Shalat Idul Adha, Walikota bersama dengan unsur Muspida Kota Batam akan menyaksikan pemotongan hewan qurban di samping Masjid Raya Batam Centre. Untuk pelaksanaan qurban, Pemko Batam menyumbangkan 11 ekor sapi dan 15 ekor kambing yang disebar dibeberapa tempat. Untuk pelaksanaan hewan qurban di Masjid Raya, secara simbolis, Walikota akan menyerahkan hewan qurban dari Pemko kepada panitia pelaksana. Selain di Masjid Raya, tiap SKPD di lingkungan Pemko Batam juga melaksanakan pemotongan hewan qurban.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) misalnya, melakukan pemotongan hewan qurban secara sendiri untuk dibagi-bagikan kepada seluruh pegawai dan pasukan kuning. Untuk lokasi parkir, Dinas Perhubungan Kota Batam telah berkoordinasi dengan Sat Lantas Poltabes Barelang.

”Kegiatan pemotongan hewan lembu tidak hanya dipusatkan di Masjid Raya, tapi juga ditempat-tempat yang masyarakatnya sangat membutuhkann bantuan daging qurban tersebut,” ujarnya.

Pemko Gelar Pawai Takbir Keliling

Sebelum pelaksanaan Shalat Ied pada Kamis (26/11) malam akan digelar pawai takbir keliling. Kegiatan pawai takbir keliling diikuti oleh pihak kecamatan dengan mengirimkan kendaraan hiasnya. Masing-masing kecamatan minimal mengirimkan lima unit kendaraan hias. Seluruh kendaraan hias yang ikut serta dalam pawai takbir ini akan dinilai untuk diperlombakan. Adapun rute pawai takbir, start dari Masjid Raya melewati Simpang Kabil, Simpang Jam, Simpang Baloi Centre, Tanjung Uma, Nantongga, Polsek Batu Ampar, Seraya Atas, Simpang Ramco, Simpang Kuda Atas, Simpang Sei Panas , Simpang Bundaran Regata dan finish di Masjid Raya. Rencananya, rombongan pawai takbir keliling akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.(*crew_humas/dv)