Wako Batam Sambut Baik Sertifikasi Tersebut Untuk mendukung FTZ Batam

Wako Batam hadiri penyerahan ISO 9001;2008 utk imigrasi-batam-uku-2BATAM - Kota Batam dalam aspek layanan prima kembali mendapat penghargaan dengan sertifikat ISO 9001:2008 yang diterima Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam hari ini (8/4) bertempat di halaman kantor Imigrasi Batam Centre.  Penghargaan tersebut merupakan hadiah istimewa bagi institusi layanan publik di Batam tersebut ditengah gencarnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan bentuk layanan prima dan professional terutama dengan diluncurkannya Batam sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas. Dalam laporannya, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Dirman Sukardi menjelaskan tentang pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008, yang memberikan pelayanan paspor secara terukur, transparan dan tepat waktu. Di akhir laporannya, pimpinan Imigrasi Batam tersebut juga menghimbau seluruh jajarannya sebagai pihak birokrasi mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, katanya.

Menteri Hukum dan HAM RI dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekjen Departemen Hukum dan HAM, Abdul Gani menyampaikan bahwa pelayanan Paspor mempermudah mobilitas masyarakat Indonesia serta secara eksternal hubungan masyarakat lintas negara sehingga mendapatkan pengakuan dunia internasional terhadap kesiapan dan profesionalitas institusi penyedia dokumen keimigrasian di Indonesia umunya dan Batam khususnya, ungkapnya dalam sambutannya.

Pejabat Eselon I di jajaran Departemen Hukum dan HAM RI tersebut juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran Imigrasi Kelas I Khusus Batam dengan komitmen dan kerja kerasnya, pengakuan dari lembaga independen berskala internasional ini dapat diraih. ” Tentu upaya mempertahankan akan menjadi lebih susah daripada mendapatkannya, untuk itu saya berharap sertifikasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dimasa yang akan datang, katanya lagi.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, menyampaikan, Walikota Batam Ahmad Dahlan yang langsung menghadiri acara tersebut, sangat menyambut baik prestasi yang diraih Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam tersebut, sebagai salah satu penunjang kelancaran pelaksanaan FTZ di Batam yang sudah memasuki tahap operasionalisasi sejak awal bulan April kemarin, katanya disela-sela acara tersebut.

Sebagaimana penilaian terhadap sertifikasi ISO 9001:2008,  institusi pemegang lisensi sertifikasi dilakukan oleh PT TUV Rheinland Internasional yang bermarkas di Jerman telah memberikan penghargaan serupa kepada Kantor Imigrasi Surabaya dan Kalimantan Barat dan Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Kepulauan Riau, M. Sani, Ketua DPRD Provinsi kepri, Muspida Provinsi Kepri, Walikota Batam, Ketua DPRD Kota Batam, Unsur Muspida Kota Batam, Inspektur Hukum dan HAM, dan Ketua Otorita Batam.

(*ttn & nn)