BATAM- Sebanyak 647 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengikuti diklat pra jabatan di Hotel Golden View, Senin (10/5). Dengan rincian, CPNS Golongan III umum sebanyak 285 orang, CPNS Golongan II umum sebanyak 186 orang, Golongan III honorer sebanyak 22 orang dan CPNS Golongan I dan II Honorer sebanyak 154 orang. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Hasnah mengatakan, waktu penyelenggaraan diklat pra jabatan ini dibagi menjadi lima gelombang. Gelombang pertama Golongan II umum dimulai dari 10 Mei sampai 19 Mei 2010. Untuk gelombang kedua, Golongan III umum dimulai dari 20 Mei sampai 5 Juni 2010, gelombang ketiga, Golongan III umum dimulai 22 Juni sampai 5 Juli 2010, gelombang ke empat, Golongan III Honorer dimulai 30 Juni sampai 23 Juli 2010 dan gelombang kelima, Golongan I dan II Honorer dimulai dari tanggal 6 Juli sampai 23 Juli 2010.

Diselenggarakannya diklat pra jabatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional. Disamping itu, untuk menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian untuk memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Sedangkan sasaran diklat pra jabatan ini untuk menghasilkan pegawai yang efektif dan potensial sehingga mampu menjabarkan dan merumuskan kebijakan pimpinan. Dan memiliki sikap mental yang berorientasi pada pembangunan serta mampu menggerakkan dan menumbuhkan semangat kerja dan etos kerja.

“Materi disampaikan oleh tenaga pengajar dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), tenaga pengajar dari Badan Kepegawaian dan Diklat Provinsi Kepri serta pejabat struktural di lingkungan Pemko Batam,” ujar Asnah dalam laporannya.

Pembukaan diklat pra jabatan bagi CPNS tersebut dihadiri oleh Deputi Bidang Pembinaan LAN, Prof. Dr. Endang Wirjatni Tri Lestari. Dalam arahan umum yang disampaikannya, Endang mengatakan diklat pra jabatan dibagi dua, yakni diklat reguler dan diklat non reguler. Diklat pra jabatan ini menurutnya memang berat, karena merupakan diklat yang pertama kali diikuti oleh CPNS sebelum diangkat menjadi PNS. Tujuannya untuk membentuk karakter PNS sekaligus memberikan pembelajaran yang harus diberikan secara terus menerus. Perlu dilaksanakannya diklat secara terus menerus karena semakin hari produktivitas pegawai semakin turun.

“Mereka yang mengikuti diklat ini akan dihadapkan pada penilaian diantaranya penilaian disiplin waktu, sikap dan prilaku selama mengikuti diklat pra jabatan,” ujarnya.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang membuka secara langsung diklat pra jabatan tersebut dalam arahannya kepada seluruh peserta mengatakan, bahwa nilai pembentukan karakter diurai dari kebersamaan . Diantara para peserta ada yang sudah bekerja sebelumnya dan ada yang baru. Katanya, pimpinan tidak akan membedakan peluang karir baik mereka yang telah honor sebelumnya maupun mereka yang baru masuk. Pimpinan memiliki penilaian tersendiri bagi pegawai yang akan dipromosikan. Tentunya mereka yang akan dipromosikan adalah mereka yang memiliki prestasi kerja.

Tantangan Batam ke depan, ungkapnya, adalah pembangunan Batam karena pemerintah akan siapkan infrastruktur. Sebagai regulator, yang penting adalah bagaimana memberikan pelayanan yang baik pada investor dan masyarakat. “Jika tid