JOGJAKARTA- Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika menggelar buka puasa bersama  mahasiswa Yogjakarta asal Batam, Rabu (1/9) di Restaurant Bumbu Desa, Jogyakarta. Yanti, mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan tahun 2007 UGM, selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan acara buka bersama tersebut diselenggarakan oleh mahasiswa asal Batam yang kuliah di Jogjakarta. Dari 400 orang mahasiswa asal Batam yang kuliah di Jogjakarta, sebanyak 100 orang hadir dalam acara buka bersama itu. Hadir juga dalam kesempatan tersebut delapan orang mahasiswa dan mahasiswi hinterland yang menerima bantuan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Pada kesempatan itu, Yanti memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemko Batam khususnya kepada Wawako yang telah meluangkan waktunya ditengah kesibukannya untuk bertemu dengan mahasiswa dan mahasiswi UGM asal Batam. Menurutnya Wawako, merupakan orang kedua setelah Nyat Kadir yang datang bersilaturahmi dengan mahasiswa di Jogjakarta. Nyat Kadir ketika berkunjung ke Jogjayakarta dalam rangka meresmikan asrama putra sedangkan asrama putri sampai sekarang belum ada.

Wawako dalam sambutannya mengajak semua mahasiswa mempergunakan masa muda untuk menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh. Agar kelak, dapat mengabdikan ilmu yang diperolehnya untuk kepentingan negara dan masyarakat. “Gunakan masa mudamu sebelum datang masa tuamu,” ungkap Ria.

Wawako berpesan kepada mahasiswa yang hadir saat itu untuk senantiasa menjaga nama baik Kota Batam, karena mereka berada di daerah orang. Jadi harus senantiasa mentaati peraturan yang ada didaerah tersebut. “Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung dan jangan pernah sia-siakan kesempatan yang datang padamu,”jelas Ria.

Dalam kesempatan tersebut Wawako mengajak seluruh mahasiswa untuk melakukan dialog. Dwi salah seorang mahasiswi menginginkan adanya asrama putri. Menanggapi permintaan Dwi tersebut, Wawako berusaha agar mengajukannya pada anggaran selanjutnya. Selain Dwi, mewakili mahasiswa yang hadir Yanti menginginkan adanya sumbangan dari Pemko untuk mengadakan Musabaqah antar mahasiswa UGM se-Indonesia yang digawangi  oleh mahasiswa asal Batam. Ini salah satu cara untuk menunjukkan pada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Kota Batam yang sebenarnya adalah Kota religi.

Wawako menyambut baik wacana Musabaqah yang diajukan oleh Yanti itu.. Mangatur mewakili mahasiswa yang mendapatkan beasiswa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemko kepada mahasiswa. Sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Usai berdialog, acara pun dilanjutkan dengan buka bersama.

(crew_humas/nn)