BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama dengan Wakil Wali Kota (Wawako) Batam,  Ria Saptarika menyaksikan pelantikan anggota Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan (Panwascam). Sebanyak 36 orang anggota Panwascam ini dilantik pada Sabtu (4/9) di Lantai IV Kantor Walikota. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Panwaslu Kota Batam, Suryadi Prabu. Dalam sambutannya, Suryadi mengatakan bahwa pada Senin (6/9) akan dilantik anggota Panwas tingkat Kelurahan. Dengan demikian, maka tahapan pembentukan anggota Panwas baik tingkat kecamatan maupun kelurahan telah selesai sehingga Panwas Kota Batam siap mengawasi pelaksanaan Pemilukada Wali Kota-Wakil Wali Kota di Kota Batam.

Kepada anggota Panwascam yang baru dilantik, Suryadi mengatakan bahwa telah bersandar tugas dan kewajiban, wewenang serta tanggungjawab untuk mengawal pelaksanaan Pemilukada di Kota Batam. Katanya, jika pengawasan yang dilakukan tidak baik, maka Panwaslu tidak akan bisa mengawasi pelaksanaan Pemilukada ini. Untuk itu ia mengajak seluruh anggota Panwascam yang dilantik agar dapat menunjukkan integritas serta memiliki moral yang jujur sehingga pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan baik.

“Pemilukada ini sangat krusial, berbeda dengan Pilpres dan Pilgub yang merupakan tanggungjawab pusat dan provinsi. Pada pelaksanaan Pemilu kali ini kita harus bertanggungjawab penuh, mampu tidak mampu kita harus siap. Jika ada masalah ya harus kita hadapi. Sebisa mungkin kita mencegah terjadinya masalah, jika tidak maka kita ambil tindakan. Buktikan bahwa pelaksanaan Pemilu kali ini jauh lebih baik dari pelaksanaan Pemilu sebelumnya,” pesannya.

Sementara itu Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, bahwa para anggota Panwascam yang dilantik siang itu sebagian besar merupakan wajah lama. Wako mengingatkan, bagaimana agar tingkat partisipasi masyarakat tinggi dalam mengikuti Pemilihan Umum. Sehingga tingkat partisipasi bisa meningkat dibanding pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya. Pemerintah, menurutnya tengah mencari formulasi, apakah pada waktu pelaksanaan Pemilu tersebut, ditetapkan sebagai hari libur atau libur terbatas. Artinya, libur hanya untuk memilih saja, selanjutnya kembali bekerja.

Wako juga berpesan agar petugas Panwascam mengikuti koridor yang telah ditentukan. Karena dalam pelaksanaannya, petugas akan behadapan dengan masyarakat dan calon wako maupun wawako. Tentu ini akan menjadi hal yang krusial, namun jika dijalankan sesuai ketentuan maka semua akan berjalan dengan lancar. “Kepada Panwas saya mengucapkan terimakasih karena telah melantik anggota Panwascam. Kita perlu melakukan pendekatan-pendekatan karena itu jauh lebih penting sebelum kita melakukan eksekusi,” katanya mengakhiri sambutan. Hadir dalam pelantikan anggota Panwascam tersebut, Ketua KPU Batam, Hendriyanto serta Camat se Kota Batam.

(crew_humas/dv)