BATAM- Forum Komunikasi Abdi Praja Batam yang merupakan wadah alumni pendidikan sekolah pamong praja (APDN-STPDN-IPDN-IIP)   yang bertugas di wilayah pemerintahan Kota (Pemko) Batam, Minggu (5/9) menggelar acara Buka Puasa Bersama di Golden Prawn Restaurant. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan silaturahmi seluruh abdi Praja Batam yang dihadiri sekitar 100 alumni. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan dan membangun kembali semangat kepamongprajaan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta nasionalisme antar sesama anak bangsa sebagai salah satu komponen perekat keutuhan NKRI dalam bingkai kebangsaan dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam acara yang berlangsung dengan khidmat dan penuh keakraban tersebut, terlihat bahwa Kota Batam sebagai salah satu tempat mengabdi para Abdi Praja. Melalui wadah inilah berbagai kegiatan dilaksanakan disamping pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya masing-masing yang ditempatkan dilevel paling bawah struktur pemerintahan sampai ketingkat yang paling atas. Lebih istimewa lagi dalam acara silaturahmi itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Batam, Ir. Ria Saptarika selaku pembina forum komunikasi juga menyempatkan diri untuk hadir berbagi kebahagiaan dengan para abdi praja dan keluarga.

Ketua Harian FKAP Kota Batam, H. Buralimar, dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaanya atas pengabdian serta kinerja yang telah ditunjukkan oleh para alumni pamong praja yang bertugas di Kota Batam dibawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Batam. “Dalam penugasannya para alumni Pamong Praja di Kota Batam sebagai abdi Negara dan pelayan masyarakat senantiasa mengacu pada kebijakan dan arahan Pimpinan,”.

Sementara itu Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya terhadap FKAP Kota Batam yang memang terdiri dari orang-orang pilihan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Menurut Dahlan, alumni abdi praja merupakan tonggak utama Pemerintahan Kota Batam. Untuk itu diharapkan para abdi praja selalu mampu menjadi panutan bagi pegawai lain dan memberikan yang terbaik di institusi  yang ditugaskan.

“Kiranya para abdi praja dapat terus eksis dan komit dalam melayani masyarakat, serta mampu memainkan perannya masing-masing sebagai pelayan masyarakat yang profesional diwilayah Pemerintahan Kota Batam yang kita cintai ini,”tegas Dahlan.

Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, yang didaulat memberikan sekapur sirih menyampaikan harapan, agar Forum Komunikasi Abdi Praja dapat menjadi wadah yang tepat untuk mendukung jalannya pemerintahan. Disamping itu juga dapat terus berkembang menjadi wadah yang mampu terus berinovasi dan membanggakan. Ria juga memberikan support kepada seluruh abdi praja yang hadir untuk bias selalu survive dan produktif dimana saja ditempatkan. “Untuk masalah loyalitas, tentu para abdi praja tidak perlu diragukan lagi,” katanya disambut tepuk tangan para alumni dan keluarga yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini pula, H. Buralimar bersama para senior alumni abdi praja memberikan santunan kepada 30 orang anak yatim dari Yayasan Rahmatullah yang bertempat di Tanjung Sengkuang. Suasana silaturahmi menjelang buka puasa bersama tersebut semakin khusuk dengan siraman rohani yang dibawakan oleh Ustadz Yusuf.

Tampak hadir  dalam acara Buka bersama Forum komunikasi Abdi Praja ini para alumni senior H. Muramis, , H. Guntur Sakti, H. Heriman, Yusfa Hendri, Hj. Rosdyana, Hj. Nurul Iswahyuni, Hj, Dece Awidaria, alumni yang lebih junior lainnya serta tiga belas orang praja yang tengah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kota Batam.

(crew_humas/bb)