Peduli Lingkungan, PKK Tanaman 1000 Mangrove

Share

BATAM- Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) ke-39 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) VIII Tahun 2011 serta dalam rangka mewujudkan Batam hijau dan sehat, Tim Penggerak PKK Kota Batam bersama kader PKK Kecamatan Sekupang dan Batu aji melaksanakan kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove di sepanjang pantai Haris Resort, Sekupang. Pencanangan kegiatan ini ditandai dengan penyerahan bibit mangrove dari direktur PT. Bandar Victory Shipyard kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan pada Jum’at (21/5).

Dalam sambutannya, Ny. Mariana mengatakan kegiatan ini merupakan satu bukti kepedulian PKK terhadap lingkungan. “Semoga kegiatan seperti ini diikuti oleh victory-victory dan shipyard-shipyard yang lain”, harap Ny. Mariana.
Ditambahkannya, keberadaan mangrove sangat penting bagi kita dan keberlangsungan alam, karena mangrove memberikan manfa’at yang begitu besar, antara lain, batang mangrove dapat dijadikan sebagai obat-obatan bagi penyakit kulit dan rematik, daun mangrove yang muda bisa dijadikan sayuran atau lalapan, kayunya dapat dipergunakan sebagai bahan bangunan dan arang serta akarnya bisa menjernihkan air dan menjadi nutrisi bagi ikan-ikan dilaut, jelas Ny. Mariana.

Tak lupa ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak PT. Bandar Victory Shipyard, Haris Resort serta Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan dukungan yang diberikan dalam penyelenggaraan kegiatan ini, ujar Ny. Mariana mengakhiri sambutannya.
Senada dengan itu, ketua panitia pelaksana, Misharti, S.Ag juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Bandar Victory Shipyard atas dukungan terlaksananya kegiatan ini dan Haris Resort atas kesediaannya menjadi tempat pelaksanaan kegiatan penanaman 1000 mangrove yang merupakan kerja sama antara PKK Kota Batam dengan Pemerintah Kota Batam, PT. Bandar Victory Shipyard dan Haris Resort.

Misharti menambahkan kegiatan penanaman 1000 pohon mangrove yang bersempena dengan hari Kartini dan hari Kebangkitan Nasional, juga merupakan momentum kebangkitan kaum perempuan Kota Batam dalam melaksanakan kegiatan peduli lingkungan dengan menanam mangrove.
Ketua Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTMI), Jhon Akim dalam paparannya mengatakan bahwa kegiatan penanaman bakau ini sangat penting dan bermanfa’at sekali khususnya bagi propinsi Kepulauan Riau. Disamping karena wilayahnya lebih besar adalah lautan juga sebagai antisipasi terhadap pemanasan global.
Pihak Haris Resort melalui General Managernya, Styleanos Koureas menyampaikan terima kasih atas dipilihnya sebagai tempat pelaksanaan kegiatan dan sangat mendukung terhadap kegiatan pelestarian lingkungan. “Semoga bumi yang kita cintai ini akan menjadi tempat yang lebih baik”, ucapnya.

PT. Bandar Victory Shipyard juga menyatakan kepeduliannya terhadap kegiatan penghijauan di Kota Batam dan berharap semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan di masa mendatang.
Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan dari Pemerintah Kota Batam yang diserahkan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Buralimar kepada pihak swasta yang peduli terhadap penanaman mangrove, yakni Haris Resort, PT. Bandar Victory Shipyard dan Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia.

Acara diakhiri dengan penanaman pohon mangrove secara simbolis oleh Asisten Ekbang Kota Batam, Kadis. KP2K Kota Batam, drh. Suhartini, MM, Kadis. PMP-KUKM Kota Batam, Amsakar Achmad, M.Si, Kepala BPPKB Kota Batam, Dra. Nurmadiah, M.Pd, Anggota DPRD Kota Batam, Mesrawati dan Rusmini, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Wakil Ketua I TP. PKK Kota Batam, Ny. Marlyn Agustina Rudi, Ketua TP. PKK Kec. Sekupang, Ny. Wilia Mardanis, GM. Haris Resort, Direktur PT. Bandar Victory Shipyard, Ketua AHTRMI, dan ketua panitia pelaksana.  (humas_crew/rs – nn)

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -