*Diawali di Kecamatan Nongsa

BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Selasa (19/1). Dimulainya MTQ ini ditandai dengan penekanan sirine dan diikuti dengan ditabuhnya kompang. MTQ diselenggarakan di Perumahan Rajawali Bandara, Kecamatan Nongsa. MTQ tingkat kecamatan ini diikuti oleh empat khafilah kelurahan yang ada di Kecamatan Nongsa. Yaitu Kelurahan Batu Besar, Kelurahan Kabil, Kelurahan Ngenang dan Kelurahan Sambau. Adapun jumlah peserta yang mengikuti MTQ tersebut sebanyak 80 orang. Cabang yang diperlombakan sebanyak lima cabang yaitu, cabang Tilawah, Fahmil, Sarhil, Khotmil dan tambahan cabang rebana. Sebelum membuka MTQ tingkat Kecamatan itu,  Camat Nongsa Alwi AR, juga melantik 31 Dewan Hakim yang akan bertugas pada MTQ tingkat kecamatan Nongsa.

Alwi mengatakan seluruh Kelurahan di Kecamatan telah seselai melaksanakan MTQ tingkat Kelurahan. Sehingga Kecamatan Nongsa menjadi Kecamatan pertama yang mengadakan MTQ tingkat Kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di Kota Batam. Dengan MTQ Kecamatan Nongsa diharapkan menjadi ajang untuk menggali potensi , minat dan bakat generasi muda Nongsa yang unggul dan berakhlaqul kharimah.

Pada STQ Tingkat Kota Batam  tahun lalu Kecamatan Nongsa berada pada urutan ke 7 dari 12 Kecamatan, “tahun ini kami berharap naik satu peringkat ke posisi enam”, ujar Alwi.

Dalam sambutannya Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan merasa bangga karena Kecamatan Nongsa sebagai Kecamatan yang pertama mengadakan MTQ tingkat Kecamatan. Sebagai warga Nongsa Dahlan berharap Kecamatan Nongsa tidak hanya naik satu peringkat melainkan menjadi peringkat satu pada MTQ Tingkat Kota Batam mendatang.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun ini Batam juga dipercaya sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Kepri yang akan diselenggarakan pada bulan April medatang. Sebagai tuan rumah tentunya Batam harus menjadi juara umum MTQ tingkat provinsi karena banyak sekali potensi qori dan qoriqah yang ada di Kota Batam.

Diakhir sambutan Walikota berpesan kepada seluruh elemen masyarakat, alim ulama, mubaliq, guru-guru untuk membina anak-anak dan generasi muda agar dapat membaca, mengerti dan memahami Al-Quran sehingga menjadi generasi yang tangguh, terampil dan berakhlaqul kharimah.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ Kecamatan Nongsa, Wakapolda Kepri Kombes Bambang Budi Santoso, Kepala Bandara Hendro Harijono, Anggota DPRD Dapil Nongsa Yunus S.Pi, Ruslan Ali Washim, Asisten Ekonnomi H. Syamsul Bahrum, Kadis Kebrsihan Drs H Azwan,  Kabag Kesra Salim S.sos, LAM Kota Batam dan unsur  Muspika Kecamatan Nongsa.

(crew_humas/yd)