genset-pln

BATAM - Menghadapi pemilu 2009 yang jatuh pada tanggal 9 April  mendatang, PLN membentuk tim kecil untuk mendukung kelancaran pesta demokrasi tersebut. Dengan keterbatasan yang ada, PLN juga akan menyiapkan genset yang telah ada untuk membackup kelancaran perhitungan suara. Tahapan Pemilu 2009 yang perlu menjadi perhatian. Semua maneger PLN cabang/ranting akan mengkoordinasikan dengan KPU Provinsi Kota atau Kabupaten dalam menyediakan genset cadangan.

Menyangkut kesiapan PLN, Direktur Utama PLN Batam, menunjukkan partisipasinya dalam mensukseskan pemilu 2009 dengan menyerahkan 9 unit mesin genset yang diperuntukkan pada 9 kecamatan mainland jika terjadi kerusakan atau gangguan listrik disaat penghitungan suara di Kota Batam. Dirut PLN juga meminta jajarannya agar lebih cermat lagi dalam mengamati segala gejala-gejala kerawanan yang bisa timbul setiap saat dan melakukan antisipasi agar tidak timbul kejadian yang tidak diinginkan. Untuk itu dibutukan penataran dan pengaturan pemasokan, baik secara internal dan terpadu serta dikoordinasikan dengan pihak keamanan  dari kepolisian maupun TNI, katanya saat penyerahan secara simbolis di kantor Camat Lubuk Baja, Batam.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat sedikit lega, permasalahan dengan pasokan listrik dapat teratasi. Pasalnya Direktur Utama PLN Batam Zaenuddin memberikan bantuan genset  guna memback-up pasokan listrik selama pencontrengan dan penghitungan suara. Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Batam sendiri kepada Ketua KPU Hendriyanto (06/04). Dihadiri pula Wakil Walikota Batam Ria Saptarika, jajaran Muspida, Rustam Efendi mewakili Dandim, Yos Guntur Poltabes, Ibu Camat, Anggota KPU dan jajaran Muspika Kecamatan.

Sebelumnya pihak PLN telah melakukan pemantauan secara langsung terhadap kebutuhan akan listrik di KPU, agar kegiatan KPU dapat berjalan meskipun sampai malam. “Sehingga kendala tersebut setidaknya dapat dikurangi”, jelas ketua KPU.

Wakil Walikota Batam, dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada semua pihak yang telah turut serta dalam usaha mensukseskan pemilu 2009. Khususnya kepada pihak PLN yang telah memberikan andil yang sangat besar demi kelancaran pelaksanaan pemilu 2009. “Gara-gara lima menit menentukan nasib bangsa kita” jelas Ria disela-sela sambutannya.

Ria berharap, PLN juga menyiapkan segala sesuatu dan mengantisipasikan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi dan PLN akan meningkatkan pelaksanaan dan pembinaan hubungan yang baik dengan pemerintah dan masyarakat setempat terutama lingkungan objek vital, tujuannya agar masyarakat cukup peduli dan membantu mengamankan semua sarana kelistrikan yang ada.

Sembilan kecamatan yang mendapat bantuan itu yakni, Batu Ampar, Sekupang, Lubuk Baja, Sei Beduk, Bengkong, Batu Aji dan Sagulung dengan genset berkapasitas 5,8 kVA. Sedangkan Nongsa dan Batam Kota masing-masing 100 kVA/200 kVA. Sementara KPUD sendiri diserahi genset yang lebih besar kapasitasnya yakni 250 kVA.

Keamanan juga harus siap mengantisipasi untuk sukses nya pemilu, biar semua proses berjalan dengan baik tanpa hambatan apapun. KPU dan Masyarakat marilah kita sama-sama menjaga pesta demokrasi ini berjalan dengan baik, imbuh Ria mengakhiri sambutannya. <w**nn>

Foto Lainnya :

gensit-pln1genset