Ria Undang Masyarakat Buka Puasa Bersama Di Kediaman Wawako Batam

Pembangunan Masjid Terbengkalai Jadi Prioritas Safari Ramadhan ft : AderPembangunan Masjid Terbengkalai Jadi Prioritas Safari Ramadhan ft : AderBATAM – Di malam ke-19 puasa, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menghadiri kegiatan safari ramadhan di Masjid Al-Mustakim di Sei Panas, Kecamatan Batam Kota. Jika dilihat dari fisik bangunan masjid itu, sudah hampir rampung. Masjid yang terletak di belakang SMP 10 Sei Panas ini berlantai dua. Jika dilihat kondisi fisiknya, pembangunan tinggal 30 persen lagi. Walikota dalam sambutannya menuturkan yang menjadi objek kunjungan safari ramadhan yakni masjid-masjid yang terbengkalai atau bangunannya masih belum rampung.

Melihat kondisi bangunan Masjid Al Mustaqim yang hampir rampung dan cukup besar, Walikota mengucapkan terimakasihnya kepada masyarakat setempat atas swadaya yang dilakukan dalam pembangunan masjid itu. Masjid ini, katanya, menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Kota Batam. Yang membuatnya lebih bangga lagi, masjid itu juga digunakan oleh pelajar SMP 10 Sei Panas sebagai tempat kegiatan beribadah.

“Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dibulan yang suci dan penuh berkah ini. Kepada para guru SMP 10 yang telah memberi kontribusi terhadap pembangunan masjid ini, hingga pemamfaatannya oleh anak murid merupakan hal yang positif,” ujar Walikota dalam sambutannya malam itu.

Dari sambutan yang disampaikan Ketua Masjid Al-Mustaqim, Afrianto, tidak ada permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat di Kelurahan Sei Panas itu. Karena masjid itu masih dalam tahap pembangunan, Pemko Batam memberikan bantuan untuk kelanjutan pembangunan masjid itu. Satu yang menjadi keluhan warga yakni pembangunan drainase. Untuk masalah drainase, akan diupayakan untuk dibangun tahun 2010 mendatang.

Walikota mengatakan, secara infrastruktur mungkin tidak ada masalah di kelurahan ini. Namun yang menjadi masalah adalah massalah social budaya. Apalagi masyarakat di Batam berasal dari latar belakang yang berbeda. Ketika tiba di Batam harus merubah pola pikir dan harus dirubah dari masyarakat modern menjadi masyarakat metropolis. Terlebih Batam sebagai kota industri dan masyarakat yang tinggal sudah menjadi masyarakat industri yang hidupnya disiplin.

“Ciri-ciri masyarakat industri, mereka hidup disiplin dan jarang bersilahturahmi. Namun sebagai umat Islam harus bersatu padu. Batam berbeda dengan daerah lain yang memeiliki sumber daya alam. Batam dijadikan sebagai kota industri, jasa perdagangan, alih kapal dan pariwisata,” katanya memberi pemahaman pada jamaah yang hadir.

Usai memberikan sambutannya, acara safari ramadhan malam itu dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan Azwan selaku Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Materi yang disampaikannya dalam ceramah agama itu, agar Umat Islam mencari ampunan dan syurga allah seluas langit dan bumi sesuai surat Ali Imran. Dibulan ramadhan ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari ampunan dari allah dan mendapat syurga.

Buka Puasa Bersama Pegawai Pemko di Kediaman Wawako Batam

Sebelum bersafari ramadhan di Masjid Al-Mustaqim, Walikota Batam, Ahmad Dahlan menghadiri acara buka bersama di kediaman Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika di Tanjung Pinggir. Acara buka bersama ini dihadiri oleh staff dan pegawai di lingkungan Pemko Batam. Acara yang diawali dengan ceramah agama ini juga dihadiri oleh kader dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sesaat sebelum buka bersama, Walikota, Wawako beserta istri menyerahkan bantuan kepada 50 anak panti asuhan yang diberikan secara simbolis kepada 10 orang anak yatim.
Pejabat teras di lingkungan Batam juga turut hadir dalam acara buka bersama di kediaman Wawako itu. Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin, Sekretaris Daerah, Agussahiman beserta istri, Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni, Camat Lubuk Baja, Dece Awida Ria dan sejumlah pejabat lainnya. Istri Walikota, Mariana Dahlan tampak duduk berdampingan dengan istri Wawako, Suparti Saptarika.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Azwan dalam sekapur sirihnya mengucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada tamu undangan yang hadir memenuhi acara buka bersama di kediaman Wawako sore itu. Diharapkan dengan acara buka bersama ini dapat mempererat tali silahturahmi antar sesama. Memasuki waktu berbuka, dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah dan makan malam bersama. Dilanjutkan dengan Shalat Isya berjamaah dan Shalat Tarawih berjamaah.

(*crew_humas/dv)