Para Mahasiswa dengan semangat menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya f;der ;5366Wawako, Ria Saptarika, photo bersama dengan Muspida Batam serta mahasiswa UGM IMG_5424BATAM – Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika menerima kedatangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) dari Universitas Gajah Mada (6/07) di lantai 5 kantor Walikota Batam.Dalam sambutannya Ria memberikan apresiasi kepada para mahasiswa yang mau menerapkan ilmu yang selama ini mereka peroleh di UGM untuk pembangunan pariwisata, perikanan serta pemerintahan di Batam. Harapannya semoga Galang dapat menjadi tujuan wisata selanjutnya dalam mendukung Visit Batam 2010.
Tim Kuliah Kerja Nyata sebanyak 25 orang dari hampir seluruh fakultas di UGM diterjunkan di Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang Batam. Mereka berada di Batam selama 6 minggu. Alasan Sijantung sebagai tempat KKN karena merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. Lokasinya cukup strategis, berjarak 60 km atau sekitar waktu tempuh 40 menit dari pusat kota pemerintahan Kota Batam. Tema KKN ini sendiri fokus pada pengembangan potensi kawasan Sijantung menuju sebuah Kawasan wisata.

Program yang ditawarkan kepada penduduk setempat meliputi pengenalan terhadap beragam potensi wisata yang ada disana, penyuluhan sadar potensi dan sadar wisata, pelatihan kewirausahaan, pengembangan industri rumah tangga berbasis sumber daya kelautan serta pembentukan kawasan wisata terpadu, pemetaan potensi wisata, dan pemetaan potensi energi sebagai rancangan awal pencarian sumber energi baru diwilayah setempat.

Menurut Dosen Pembimbing KKN di Batam Bambang Purwoko, selama 6 bulan mereka telah diberi pelatihan agar dapat mentransfer ilmu mereka kepada masyarakat. Tujuan dari KKN tersebut untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat Kelurahan Sijantung untuk dapat memaksimalkan potensi kawasan yang dimilikinya agar dapat dimanfaatkan sebagai aset daerah yang bernilai lebih dan membangun jejaring yang kuat untuk semua stakeholder kepariwisataan di Kelurahan Sijantung dan sekitarnya dalam mewujudkan kawasan wisata yang berkelanjutan.

Bambang menambahkan Lembaga mitra utama yang sedianya digandeng adalah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Subdit Pariwisata Otorita Batam serta Stakehoder yang berkepentingan. Dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan oleh mahasiswa serta mendatangkan para ahli di bidang masing-masing diharapkan warga Kelurahan Sijantung mampu mengembangkan kemandirian dan kedaulatan ekonomi, memanfaatkan alam berbasis pelestarian lingkungan, serta melanjutkan tradisi nenek moyang melalui teknologi tepat guna

Ketua Pelaksana kegiatan Citro Atmoko memberikan penjelasan sasaran pelaksanaan program KKN PPM ini adalah warga Sijantung dengan prioritas pelajar sekolah, aparatur desa, ibu rumah tangga, wiraswasta maupun pencari kerja. Produk yang nantinya dihasilkan mahasiswa selama di Batam, diantaranya, peta potensi wisata Sijantung, webside kawasan Sijantung, CD interaktif berisi promosi wisata, Brosur, banner, stiker , company profile, history book kawasan wisata Sijantung, cindera mata khas Batam, dan pasar rakyat kawasan wisata sejarah dan bahari Sijantung.

Turut hadir dalam acara penerimaan tersebut, Ketua DPRD Kota Batam, DR. HM. Soeryo Respationo, SH, MH., yang juga sekaligus Ketua Kagama Provinsi se- Kepri, Perwakilan dari Badan Otorita Batam, mewakili Dandim 0316 Batam, Inspektur Inspektorat Kota Batam, Drs. Hartojo Sirkoen, M.Si, sekaligus selaku Ketua Kagama Kota Batam, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan & KB Kota Batam Dra. Nurmadiah, M.Pd, Camat Galang, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, Dinas Tata Kota serta Bagian Humas dan Protokol Pemko Batam.

IMG_4747

(*humas_crew/ttn&nn)