BATAM - Ditengah gencarnya berbagai penilaian terhadap kinerja Dinas PU Kota Batam, SKPD yang khusus menangani infrastruktur di Batam yaitu Dinas Pekerjaan Umum (PU) terpilih sebagai kantor terbersih pertama dalam lomba kebersihan antar SKPD di Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Nilai yang berhasil diraih yakni 79,9. Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Heriman HK mengatakan, ada 36 objek SKPD dan 10 instansi vertikal. Lomba kebersihan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 64.

Sebagai terbersih kedua yakni Kecamatan Lubuk Baja dengan nilai 74,5 dan terbersih ketiga Kecamatan Batuampar 73,9. Sistem penilaian yang dilakukan menurutnya sama dengan penilaian terhadap objek adipura. Salah satu juri yang turut melakukan penilaian dalam lomba kebersihan ini yakni Lagat Siadari. Lagat merupakan salah satu tim penilai Adipura dari akademisi.

“Lomba kita mulai dari 1 Agustus sampai 15 Agustus. Ada tim kecil yang melakukan penilaian,” tutur Heriman.

Lomba kebersihan ini menurutnya pernah digelar pada tahun 2007 dan 2008. Ditahun 2007, Dinas PU pernah terpilih sebagai kantor terbersih. Ketika digelar lomba yang sama ditahun 2008 Dinas PU tidak diiukutkan. Barulah ketika lomba kebersihan digelar tahun ini Dinas PU kembali diikutsertakan lagi.

Dinas PU menurutnya layak mendapat nilai tertinggi. Dari segi penataan mulai dari keteduhan, drainase dan sampah cukup baik. Di darinase misalnya bersih dari sampah dan pohon peneduhnya berfungsi dengan baik. Pemamfaatan lingkungan cukup baik termasuk Tempat Pembuangan Sampah sementara.

“Dengan lomba kebersihan ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi seluruh SKPD maupun instansi vertikal di Kota Batam,” katanya.

Untuk lomba kebersihan terbersih antar kelurahan juara pertama diraih oleh Kelurahan Tanjung Sari Kecamatan Belakang Padang. Juara terbersih kedua Kelurahan Taman Baloi, Batam Kota dan terbersih ketiga Kelurahan Kibing, Batuaji. Kelurahan Tanjung Sari juga keluar sebagai pemenang lomba kebersihan tingkat Provinsi Kepri sebagai juara pertama. Lurah Taman Tanjung Sari, Hermanto beserta Ketua LPM didampingi camat Belakang Padang,Haryono BA pada Senin (17/8) menghadiri upacara detik-detik proklamasi HUT RI ke 64 di Istana Negara.

Dalam lomba kebersihan sebelumnya, objek penilaian tidak hanya kantor pemerintahan dan instansi vertikal, tetapi juga sekolah, Puskesmas dan Rumah Sakit. Tidak hanya yang berada di Kota Batam tapi juga di kawasan hinterland. Tahun depan lomba kebersihan dalam rangka HUT RI jumlah objeknya akan ditingkatkan. (***)