JALAN, DRAINASE (2)BATAM- Untuk memperindah  dan menambah kawasan hijau di Kota Batam, Pemerintah Kota Batam kini tengah membangun Taman Kota di kawasan Sekupang. Taman Kota yang masih dalam tahap pekerjaan ini tidak lama lagi akan rampung. Sehingga warga Batam khususnya yang menetap di Sekupang tak lama lagi bisa menikmati indahnya taman kota.  Taman kota ini berbentuk taman kolam yang dibuat Pemko Batam sebagai komitmen untuk meningkatkan keindahan dan juga paru-paru Kota Batam.
Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri menjelaskan, taman pinggir kolam dibangun dengan panjang 30 meter dan lebar 6 meter. Pembangunan taman kola mini sudah rampung 70 persen dan dalam wkatu dekat sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Batam. Di sekitar taman ini akan dipasang paving blok sebagai sarana berjalan yang  nyaman, Mushala, tempat duduk, pohon pelindung dan lampu hias.
“Taman kolam ini diperuntukan bagi masyarakat Kota Batam yang ingin bersantai, olahraga ringan, dan bermain bersama keluarga namun murah meriah,” ujar Yusfa.
Yusfa mengatakan, di atas taman kolam ini terdapat bukit yang merupakan makam keramat. Pemko juga akan memberi akses jalan menuju makam tersebut dengan dibuatkan jalan semenisasi mengikuti jalan yang sudah ada.Untuk menjaga keamanan agar tidak ada masyarakat yang kecelakaan tercebur ke dalam kolam, Pemko juga akan membangun pagar di bibir kolam setinggi orang dewasa. Ditekankan, kolam tersebut bulan merupakan kolam pemancingan. Warga dilarang memancing karena berbahaya.
Bagi warga Batam yang senang jogging, tempat ini bisa dijadikan sarana istirahat setelah lelah berolahraga pagi atau sore. Tahun ini selain membangun Taman Kolam di Sekupang, Pemko Batam juga tengah melakukan pembangunan Dataran Engku Putri. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan ingin menghilangkan kesan Dataran Engku Putri milik pemerintah. Untuk itu jika bangunan arena permainan di Engku Putri sudah terbangun, masyarakat umum bisa memamfaatkan bangunan tersebut.
“Engku Putri akan disulap sebagai tempat hiburan dan tempat rekreasi keluarga. Tahap pertama kita akan membangun panggung permanent yang juga bisa dimamfaatkan masyarakat umum. Tahap awal dana yang kita anggarkan Rp3,5 miliar dari total keseluruhan pembangunannya Rp15 miliar,” jelas Walikota didampingi Kabag Humas Pemko Batam.

(*crew_humas/dv)