BATAM MENERIMA LANGIT BIRU AWARD

Share

JAKARTA – Kota Batam mendapatkan Langit Biru Award dari Kementrian Lingkungan Hidup. Walikota Batam, Ahmad Dahlan diundang untuk menghadiri dan sekaligus menerima penghargaan tersebut, Rabu (14/12) di Hotel Dharmawangsa Jakarta.

Program Langit Biru merupakan salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara khususnya yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan. Saat ini, pertumbuhan kendaraan yang cukup tinggi di Kota-kota besar di Indonesia tidak saja menimbulkan masalah kemacetan lalu lintas tapi juga menimbulkan masalah lain seperti kecelakaan lalu lintas, polusi udara, kebisingan, kerugian ekonomi serta kesehatan.

Menteri Negara Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya mengatakan hasil evaluasi kualitas udaraperkotaan tahun 201 akan diintegrasikan kedalam program adipura untuk kriteria pencemaran udara dan menjadi bagian dari penilaian Kota dalam pekalsanaan program adipura tahun 2012. “Penilaian dilakukan baik terhadap aspek fisik maupun non fisik yang pada intinya adalah mendorong kota-kota di Indonesia untuk menerapkan transportasi yang berwawasan lingkungan,” katanya.

Pengumuman ekspos langit buru terbaik 2011 merupakan hasil dari evaluasi udara perkotaan yang dilaksanakan di 26 Kota Metropolitan dan Kota Besar di Indonesia. Dari hasil evaluasi, kota langit biru untuk kategori kota metropolitan yakni Surabaya, Medan dan Jakarta Timur. Sementara kota langit biru untuk kategori kota besar yakni Surakarta, Batam dan Malang.

Lebih lanjut, MenLH juga menegaskan selain meningkatykan kualitas udara kota, program Langit Biru juga berhasil menjawab tantangan upaya-upaya inovatif untuk program penurunan konsumsi bahan bakar minyak sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang merupakan penyebab terjadinya pemanansan global dan perubahan iklimdari sektor transportasi. Sebagai bentuk apresiasi kepada enam kota langit biru, KLH memberikan plakat dan sebuah sepeda listrik yang merupakan kendaraan ramah lingkungan.

Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan Batam mendapatkan penghargaan Langit Biru Award tersebut karena dari data secara periodik yang ada menunjukkan kualitas udaranya baik. Data tersebut  yaitu uji emisi, udara ambient serta bahan bakar yang terbaik di Indonesia. Selain itu, kualitas udara baik dan kinerja lalu lintas mendapat nilai B, dengan kata lain kecepatan arus stabil.

Kota Batam mendapatkan nilai yg tinggi dalam kinerja lalin (10), kualias udara pinggir jalan (9), kegiatan pemantauan (10), dan kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat (9) seperti kegiatan uji emisi yg setiap tahun dilaksanakan oleh Bapedal, Batam unggul dibandingkan 24 kota besar lainnya, kecuali Surakarta.

Dahlan menyebutkan, diharapkan kedepan dilakukan kegiatan-kegitan yang lebih terukur seperti adanya pemeriksaan berkala pada kendaraan melalui bengkel-bengkel resmi yang dapat melakukan uji pemeriksaan dan bisa saja merupakan syarat perpanjangan STNK. “Hal ini untuk menjaga kinerja mesin kendaraan agar terjadi pembakaran yang sempurna, efisiensi dan menjaga kualitas udara,” paparnya.

Kualitas udara juga dipengaruhi oleh aktifitas kendaraan dan kualitas bahan bakar berdasarkan hasil pengujian terhadap BBM di SPBU Kota Batam menunjukkan kualitas yang paling baik diseluruh Indonesia. Hal ini terlihat dari angka oktan 97 dan kandungan sulfur yang paling rendah.

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Log in -