*Unsur Pimpinan DPRD Kota Batam Resmi Dilantik

DPRD Hal 2BATAM -  Melalui sidang paripurna istimewa peresmian dan pengucapan sumpah janji pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Surya Sardi yang selama ini menjadi ketua DPRD sementara sejak kemarin, Rabu (21/10) resmi menjadi Ketua definitif  DPRD Kota Batam. Bersama tiga orang Wakil Ketua DPRD Kota Batam, Ruslan Kasbulatov, Zainal Abidin dan Aris Hardy Halim turut serta diambil sumpah dan janjinya. Pengambilan sumpah janji dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batam, Ridwan Mansyur. Sidang paripurna istimewa peresmian dan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD ini berlangsung khidmat dan disaksikan oleh Gubernur Provinsi Kepri, Ismeth Abdullah, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika.

Ismeth dalam sambutannya mengungkapkan, dengan dilantiknya pimpinan dewan definitive diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsi lembaga tersebut. Lembaga DPRD memiliki peran yang sangat strategis.Dengan telah dilantiknya unsur pimpinan, ia mengharapkan agar pimpinan dewan dapat bekerja keras dan menjalin koordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam melakukan pembangunan. Kinerja DPRD terus dapat ditingkatkan, karena sebagai mitra DPRD sejajar dengan Pemko dan harus bersinergi dalam membangun daerah.

“DPRD dan Pemko merupakan lembaga yang melayani public. Kepada unsur pimpinan dewan dan anggota DPRD Kota Batam saya menguscapkan selamat bertugas dan dapat mengemban amanah rakyat,”ujarnya.

Surya Sardi yang memimpin siding paripurna pagi itu, mengatakan bahwa pembentukan alat kelengkapan dewan akan dilaksanakan pada Kamis (22/10) melalui siding paripurna. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengucapkan atas pelantikan dan peresmian pimpinan dewan. Selama ini, antara Pemko dengan DPRD Kota Batam menjalin kerjasama yang baik dan kompak. Terhadap seluruh anggota DPRD Kota Batam 2009-2014 ini, Dahlan mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang berkualitas dan berkomitmen.

“Setelah terbentuknya pimpinan dewan, kita akan pro aktif untuk melakukan pembahasan APBD 2010. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Desember 2010 sudah disahkan sehingga Januari itu APBD sudah benar-benar running,” tutur Dahlan.

Sementara itu, Wakil Wai Kota Batam, Ria Saptarika mengungkapkan dengan terlengkapinya unsur pimpinan dewan, maka legitimasi semakin kuat. Sehingga DPRD tidak ada kendala untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk Ketua Komisi menurutnya juga segera akan terbentuk. Karena ini akan mempengaruhi pada pelayanan public dan pembahasan APBD.

“Untuk KUA sudah kita ajukan dan kita ingin APBD 2010 pada bulan Januari sudah diketuk palu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Agussahiman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam, Syamsul Bahrum dan sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Batam. Anggota DPRD Provinsi Kepri yang turut menyaksikan siding paripurna istimewa peresmian dan pengucapan sumpah janji pimpinan dewan itu diantaranya, Nur Syafriadi dan Soerya Respationo.

(*crew_humas/dv)