BATAM- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Kamis (7/1) menerima  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2010 dari Gubernur Provinsi Kepri, Ismeth Abdullah di Gedung Daerah, Tanjung Pinang. DIPA Tahun Anggaran 2010 itu juga diserahkan kepada Dinas, Instansi Vertikal dan SKPD yang ada di daerah. Penyerahan DIPA tersebut setelah Gubernur menerima DIPA tahun anggaran 2010 dari Presiden Republik Indonesia di Istana Negara yang diserahkan kepada seluruh Gubernur di Indonesia pada Selasa (5/1) lalu. Secara simbolis, DIPA Tahun Anggaran 2010 ini diserahkan kepada 20 instansi vertical, Walikota/Bupati dan sejumlah SKPD di Kepri. Untuk Batam, DIPA meliputi instansi pusat di daerah seperti Pengadilan Agama, BPK Perwakilan Kepri, Pengadilan Negeri Batam, Kejaksanaan Negeri Batam, Kantor Imigrasi Kelas II A Khusus Batam dan Rutan Baloi. Dari laporan yang disampaikan oleh Direktur PP BLU Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Hari Utama R, secara keseluruhan DIPA yang diserahkan untuk provinsi Kepri berjumlah 289 DIPA senilai Rp1.954.700.854.000,-.

DIPA ini meliputi DIPA Kantor Pusat yang berlokasi di daerah dan instansi vertical kementrian/lembaga daerah dengan jumlah 190 DIPA senilai Rp1,590 triliun. Kemudian DIPA tugas pembantuan untuk SKPD di Provinsi/Kabupaten/Kota dengan jumlah 35 DIPA sebesar Rp68, 479 miliar. DIPA Dekonsentrasi untuk SKPD Provinsi berjumlah 55 DIPA senilai Rp237, 130 miliar dan DIPA urusan bersama untuk SKPD Kabupaten/Kota berjumlah 9 DIPA senilai Rp58,136 miliar.

Khusus untuk DIPA Dana Alokasi Umum (DAU) dan DIPA Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk daerah diterbitkan di Jakarta, masing-masing dalam satu DIPA untuk seluruh Indonesia. Pemberian dana kepada seluruh daerah dilakukan melalui proses transfer ke rekening masing-masing daerah. Daerah, ujarnya, tidak lagi melakukan proses transfer ke rekening masing-masing daerah. Daerah tidak lagi melakukan proses pencairan ke kantor pelayanan perbendaharaan Negara. Proses ini dilakukan pemerintah untuk memberikan kemudahan dan kelancaran pembayaran kepada daerah.

“Semoga keberhasilan percepatan penyelesaian dan penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2010 ini merupakan awal yang baik bagi pelaksanaan APBN 2010. Kami dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan siap untuk bekerjasama dengan para kuasa anggaran dalam menunjang kelancaran pelaksanaan DIPA Tahun Anggaran 2010,” katanya mengakhiri sambutan.

(crew_humas/dv)