Walikota Batam Menerima Leadership MDGs Award 2009JAKARTA- Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menerima anugerah Leadership MDGs Award 2009 dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra)  HR.Agung Laksono. Walikota merupakan satu dari 20 orang kepala daerah lainnya yang menerima anugerah Leadership Millenium Development Goals (MDGs) Awards 2009. Penganugerahan penghargaan tersebut berlangsung di auditorium TVRI Nasional Senayan-Jakarta Rabu (23\12). Anugerah ini diberikan sebagai bentuk apresiatif tinggi bagi para pemimpin Pemerintah Daerah (Pemda) yang dipandang mampu mengaktualisaikan komitmen pembangunan millennium dalam bentuk pencapaian program-program aksi berkelanjutan yang searah dengan delapan tujuan pembangunan millennium. MDGs merupakan komitmen pemerintah Indonesia melalui percepatan pembangunan nasional yang mengacu pada target-target MDGs di tahun 2015. Kepala daerah yang menerima anugerah ini terdiri dari dua orang Gubernur, delapan orang Walikota dan sepuluh orang Bupati.

MDGs merupakan kesepakatan 189 Kepala Negara termasuk Indonesia melalui Deklarasi millenium tahun 2000 di PBB. Terdapat delapan sasaran MDGs yang harus dicapai yakni, Pemberantasan kemiskinan, pemerataan pendidikan, kesetaraan gender, pengurangan tingkat mortalitas (kematian) anak, peningkatan kualitas kesehtan ibu hamil, memerangi HIV\AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, kelestarian lingkungan, kerjasama global bagi perkembangan kesejahteraan. Acara penganugerahan pagi itu diawali dengan dialog dengan narasumber Menko Kesra HR. Agung Laksono, Prof. Hayono Suyono, Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Bupati Jembrana Prof. Dr.drg.I.Gede Winasa.

Keberhasilan Batam dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat setiap tahunnya menjadi poin yang sangat menentukan bagi penetapan Batam sebagai salah satu penerima award. Tahun 2004 IPM Batam berada pada angka 75,8; 2005 sebesar 76,5, 2006 menjadi 76,7 dan pada tahun 2007 meningkat menjadi 76,8. Dengan meningkatnya IPM Batam dari tahun ke tahun sehingga menempatkan Batam pada peringkat ke-13 secara Nasional.  Sementara itu pertumbuhan ekonomi Batam rata-rata 7% setiap tahunnya berada di atas rata-rata pertumbuhan nasional. Menko kesra dalam sambutannya menyampaikan bahwa leadership merupakan aspek yang penting. Kiranya Walikota dan Bupati yang menerima anugerah ini bisa menjadi contoh kepemimpinan di daerah. Kinerja kepemimpinan Pemda yang terwujud melalui hasil-hasil positif yang diakibatkan oleh adanya aktualisasi kebijakan dan strategi yang sejalan dengan tujuan dan target MDGs perlu diapresiasi. Kepala daerah lainnya yang menerima anugerah MDGs Award 2009, Gubernur yakni Gubernur Kalimantan Timur dan Gubernur Bangka Belitung. Sementara Walikota yang menerima anugerah Leadership MDGs Award 2009 ini Walikota Batam, Walikota Pangkal Pinang, Walikota Solok, Walikota Makasar, Walikota Bontang, Walikota Yokyakarta, Walikota Sawah Lunto dan Walikota Ambon. Dan sepuluh orang Bupati lainnya adalah Bupati Jembrana, Bupati Sragen, Bupati Bantul, Bupati Luwu Utara, Bupati Purbalingga, Bupati Karang Anyar, Bupati Lamongan, Bupati Kutai Timur, Bupati Wakatobi, serta Bupati Kudus.

(crew_humas/yh)