Dahlan Buka Bazar STQ Tingkat Kota Batam

Share

Pembukaan Bazar STQ Foto: AderBATAM - Walikota Batam Ahmad Dahlan berkesempatan membuka bazar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-4 tingkat Kota Batam, Selasa (19/3) di Cahaya Garden Kecamatan Bengkong. Tujuan bazar tersebut menurut Kepala Dinas PMPK-UKM Kota Batam Febrialin selaku ketua panitia untuk memberikan peluang usaha bagi pelaku usaha kecil. Sehingga nantinya mampu memanfaatkan STQ untuk memajukan kegiatan ekonomi masyarakat.

Masih menurut Febrialin pengembangan ekonomi mikro masyarakat dapat memeriahkan pelaksanaan STQ. Ajang bazar tersebut berlangsung dari 19-24 Maret 2013. Dan diikuti 12 kecamatan yang ada di Kota Batam, LPTQ, 20 pelaku UKM dan TP PKK Kota Batam. Untuk pertama kalinya TP PKK Kota Batam mengikuti stand bazar.

Produk yang ditampilkan dalam bazar tersebut merupakan produk lokal dari UKM binaan masing-masing kecamatan. Diantaranya krupuk ikan, kue bangkit, sagu, tudung saji dari pandan, bunga gonggong, olahan-olahan lain produk naga, abon lele dan berbagai macam kerajinan tangan. Febrialin mentargetkan omset selama 5 hari bazar 300-500 juta. “Semoga dapat mendorong motivasi pelaku UKM,” harap Febrialin.

Dahlan dalam sambutannya mengatakan pemilihan tempat STQ di Bengkong karena ingin menjemput bola yaitu dekatkan diri dengan masyarakat. Karena pengalaman tahun lalu pelaksanaan STQ di Sagulung dan Batu Aji ramai bukan saat pembukaan dan penutupan saja.

Perhatian pemerintah terhadap pelaku UKM menurut Dahlan sangat besar, dengan banyak memberikan bantuan berupa pinjaman dengan bunga yang relatif terjangkau. Selain itu UKM memiliki andil yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terbukti saat krismon hanya sektor UKM yang mampu bertahan disaat pelaku usaha lain gulung tikar meski dengan modal yang kecil. Hal itu terjadi karena daya beli masyarakat sesuai dengan UKM.

Pemerintah Kota Batam sendiri beberapa waktu lalu telah melaksanakan kebijakan dengan menertibkan Pasar Jodoh. Dengan penertiban tersebut diharapakan para pelaku UKM terus berjuang di sektor tersebut. Dahlan menghimbau kepada camat dan TP PKK kecamatan serta kelurahan untuk melakukan pembinaan kepada pelaku UKM di daerah masing-masing.

STQ ke-4 di Bengkong menurut Dahlan sebagai persiapan pelaksanaan MTQ tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Propinsi Kepri tepatnya di Kota Batam. Karenanya para pelaku UKM harus mempersiapkan diri untuk tampil diajang nasional nanti. “MTQ 2014 yang akan datang akan memberi nilai positif  bagi pelaku UKM di Kota Batam khususnya,” jelas Dahlan.

Pembukaan bazar ditandai dengan pembacaan surat Al Fatehah dan pelepasan balon ke udara oleh Walikota Batam beserta Wakil Walikota Batam Rudi, Ketua TP PKK Kota Batam Mariana Ahmad Dahlan, dan Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam Marlin Agustina Rudi. Pembukaan tersebut diakhiri dengan peninjauan bazar oleh seluruh yang hadir.

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -