Batam Raih Adipura Kota Besar 2013

Share

Wawako menerima Adipura dari Bpk Presiden RIJakarta - Kota Batam tahun ini kembali meraih penghargaan adipura kategori Kota Besar. Penghargaan tertinggi bidang kebersihan ini diserahkan langsung  oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono kepada Wakil Walikota Batam Rudi bertepatan dengan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2013 berlangsung hari senin (10/6)  di Istana Negara, Jakarta. Sebelumnya Batam sudah tiga kali mendapatkan Piala Adipura Kategori Kota sedang  pada 2007-2009, dan pada tahun 2013 Ini Batam  meraih kembali Adipura kategori Kota Besar.

Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA dalam laporannya menyampaikan “Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Indonesia mengusung tema  “Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan”,  tema ini bertujuan untuk menggugah kesadaran kita semua dan masyarakat luas atas pentingnya menyikapi pemanfaatan sumber daya alam termasuk penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) serta pemanfaatan bahan makanan secara bijak.“  Makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan. Tema tersebut selaras dengan tema yang dikeluarkan oleh Badan Lingkungan Hidup Dunia, United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu “Think.Eat.Save”.

Kepala Badan Pengendalian Dampak lingkungan Kota Batam, Dendi Purnomo mengatakan, Penilaian Adipura  tahun ini melaui proses yang sangat ketat. Penilaian dilakukan tidak hanya kebersihan saja tetapi juga aspek penghijauan, keteduhan kota, pengolahan sampah, Tempat Pembuangan Sampah (TPA) dan mulai tahun ini dimasukan penilaian langit biru oleh Kementerian Lingkungan Hidup. “Selain yang  menjadi penilaian utama, pengelolaan lingkungan perkotaaan non fisik meliputi institusi, manajemen dan daya tanggap,” kata dia.

Sementara itu Wakil Walikota  Batam usai penyerahan Piala Adipura di Istana  Merdeka Jakarta  mengatakan keberhasilan Batam mendapat Adipura tahun ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Batam,
Meski berhasil mendapatkan Adipura, Rudi tidak menampik kalau masih ada permasalahan  sampah  di beberapa lokasi di Kota Batam.

“Memang masih ada permasalahan sampah di beberapa titik, namun akan terus kita benahi. Adipura ini menjadi semangat kita bersama untuk lebih menigkatkan kebersihan dan keindahan Batam,” kata Rudi.

Ditambahkannya, saat penyerahan Piala Adipura Bapak presiden menyampaikan langsung tentang upaya pemerintah daerah bersama masyarakat dalam rangka mempertahankan kebersihan Kota Batam dan terus menata keindahan Batam, mengingat Batam sebagai Kota  terdepan dengan Negara tetangga Singapura dan Malaysia.

Wawako berharap  seluruh elemen masyarakat dapat menjaga kebersihan kota Batam.
Hadir juga Ketua Tim adipura batam yang juga kepala Bapedal Kota Batam Dendi Purnomo, Asisten Ekoomi Pembaguan Syuzairi, dan Kabid Kebersihan Faisal Riza M,Dev. (Humasbatam)

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -