Home Kunjungan Kerja Mahasiswa UNP Belajar Komunikasi Kehumasan Ke Pemko Batam

Mahasiswa UNP Belajar Komunikasi Kehumasan Ke Pemko Batam

0
781

HUMAS PROTOKOL BATAM– Dalam rangka kuliah kerja lapangan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) Jurusan Ilmu Administrasi Negara menimba ilmu ke Pemerintah Kota (Pemko) Batam, Selasa (5/11). Rombongan yang dipimpin oleh Dr. Dasril diterima langsung oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Batam, Yudi Admajianto dan Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Batam, Yuli Dasril. Dasril mengungkapkan kunjungan bertujan untuk melengkapi ilmu yang diperoleh di kelas dengan mata kuliah Komunikasi Hubungan Masyarakat.

“Teori tidak selalu pas dengan praktek lapangan. Harapan kami, bapak mau berbagi pengalaman di lapangan,” katanya didampingi Zikri selaku ketua jurusan Ilmu Administrasi Negara.

Kepada pihak dari Pemko Batam yang telah menyambut, Dasril menyampaikan ucapan terimakasihnya. Ia berharap ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa kelak dapat bermanfaat dan bisa diimplementasikan dalam perkuliahan. Memberikan info kehumasan, Yudi menjelaskan tugas dan fungsi Bagian Humas dan Protokol Kota Batam. “Motto Bagian Humas dan Protokol Pemko Batam “Penyampai Pesan Membangun Kesan”. Tanpa Publikasi tentu apa-apa informasi yang ada di Pemko Batam tidak akan diketahui oleh masyrakat,” sebut Yudi.

Untuk menyampaikan informasi ke masyarakat Bagian Humas dan Protokol menggandeng media lokal maupun nasional yang ada di Kota Batam, baik cetak, televise maupun radio. Selain itu media lain yang digunakan untuk publikasi kegiatan Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bagian Humas dan Protokol Kota Batam memiliki website yang dikelola oleh Humas. Media sosial lainnya yang dimanfaatkan yakni facebook, instagram, whatshap maupunn twiter.

“Kami membuka diri melalui media sosial, kami memanfaatkan media yang ada untuk memberikan informasi maupun keluhan dari masyarakat,” jelasnya.

Mengingat Batam terdiri dari kawasan hinterland dan mainland, Yudi mengatakan bahwa informasi dapat diterima oleh masyarakat Batam maupun mereka berada di hinterland. Meski berada di kawasan hinterland namun masyarakat tidak terasing karena Pemko melakukan diseminasi komunikasi. Komunikasi dan informasi bisa diperoleh warga pesisir melalui radio. Bahkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota berkunjung langsung ke kawasan hinterland untuk berkomunikasi dengan masyarakat pesisir.

“Setiap tahun di bulan ramadhan Pak Wali dan Wawako secara bergantian melakukan safari ramadhan ke pulau-pulau. Mulai dari berbuka, shalat magrib, shalat isya sampai tarawih dengan masyarakat. Itu dilakukan sebulan full dan melalui kegiatan itu Pak Wali dan Pak Wawa menyampaikan informasi yang ada di Pemko Batam. Baik terkait aturan maupun kebijakan dan pembangunan yang dilakukan. Pak Wali dan Pak Wawa juga menampung apa-apa yang menjadi keluhan, masukan dari masyarakat,” kata Yudi menjelaskan bagaimana Pemko Batam berkomunikasi dengan masyarakat hinterland.

Menambahkan apa yang disampaikan Yudi, Yuli Dasril mengatakan bahwa Pemko Batam juga memiliki website Batammadani.go.id. Di situs layanan website tersebut ada aplikasi untuk layanan, informasi, pengaduan dan media. Agar masyarakat mengetahui layanan website yang disediakan Pemko Batam, diinformasikan melalui media cetak, televise dan radio.(HP)

NO COMMENTS