BATAM - Kecamatan Sekupang dan Kecamatan Batam Kota berhasil meraih juara umum pada Pekan Olahraga dan Senin (Porseni) Tingkat Kota Batam. Kecamatan Sekupang berhasil menjadi juara umum dibidang seni sedangkan Kecamatan Batam Kota berhasil menjadi juara pada bidang olahraga. Pengumuman juara umum ini dibacakan pada acara penutupan Porseni di lapangan Sei Harapkan, Rabu (12/5) Sekupang. Piala juara umum diserahkan langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan kepada masing-masing camat. Porseni Tingkat Kota Batam ini telah dimulai sejak 5 April 2010 lalu. Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan, Porseni ini merupakan salah satu program Dinas Pendidikan dalam usaha melakukan pembinaan dibidang seni dan olahraga. Peserta yang ambil bagian dalam kegiatan ini, mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat.

Melalui Porseni ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk dapat menggemari olahraga dan seni. Dengan demikian dapat dimunculkan bibit-bibit yang dapat dikembangkan di masa depan, sehingga dapat mengharumkan dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Batam. Adapun cabang yang dilombakan pada Porseni ini, untuk tingkat TK 8 cabang, tingkat SD 15 cabang, tingkat SMP 16 cabang dan untuk tingkat SMA 12 cabang. Untuk tempat pelaksanaan lomba, Muslim mengatakan dipusatkan di Dinas Pendidikan. Namun, untuk beberapa cabang seperti untuk perlombaan tingkat TK di pusatkan di BCS Mall. Pertandingan catur dilaksanakan di Nagoya Hill, sepak bola di lapangan Indosat Sekupang dan pertandingan Tenis Meja di SD Kartini I Sekupang.

“Anak-anak kita yang berprestasi akan kita kirim untuk mengikuti Porseni ditingkat Provinsi. Sebagai bentuk apresiasi, sudah dua tahun ini kita memberikan dispensasi masuk sekolah tanpa mengikuti tes seleksi kepada para juara yang akan mewakili Batam ke tingkat provinsi,” katanya.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengatakan bahwa merekalah yang melanjutkan perjuangan dan pembangunan Batam. Kepada para guru dan Kepala Dinas Pendidikan, Dahlan menitipkan agar anak-anak dilatih sehingga menjadi anak berprestasi dan mengharumkan nama Batam. Acara penutupan Porseni yang diselenggarakan Disdik ini menurutnya cukup bagus dan meriah. Kepada para pelajar, disamping meningkatkan prestasi dibidang olahraga dan seni juga dapat meningkatkan prestasi karena persaingan semakin ketat.

“Pada Porseni tingkat Provinsi yang akan dimulai pada 15 Mei nanti, saya tegaskan agar Batam mempertahankan juara umum,” pintanya.

Penutupan Porseni pada Rabu pagi itu berlangsung meriah, masing-masing kecamatan menampilkan devilenya dengan berbagai atraksi. Dari Kecamatan Sekupang misalnya, menampilkan para guru yang menari tarian Zapin. Deville yang dipimpin Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni ini menampilkan 400 orang peserta. Mulai dari peserta tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. Disusul dengan deville dari Kecamatan Belakang padang yang membawa 400 orang peserta. Rombongan deville ini menampilkan atraksi permainan tradisional gasing yang dimainkan oleh murid SD Belakang Padang. Kemudian diikuti oleh deville dari Kecamatan Sei Beduk dengan 500 peserta, dari Kecamatan Lubuk Baja 600 rombongan deville, rombongan Kecamatan Bulang 500 orang yang menampilkan parade budaya dan dari Kecamatan Batu Aji menampilkan atraksi seni bela diri. Disusul dengan penampilan 700 murid TK se Kota Batam yang menampilkan senam sehat. Diperkirakan 5000 pelajar se Kota Batam mengikuti acara penutupan Porseni Tingkat Kota Batam tahun 2010 ini.

(crew_humas/dv)

foto lainnya**