BATAM-Sebanyak 135 pengurus DPD KNPI Kota Batam dilantik oleh Ketua KNPI Kepri Berto Izhak Doko, Minggu (8/11) di Hotel Pacific Palace. Pelantikan pengurus DPD KNPI yang diketuai oleh Gustian Riau ini disaksikan oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi. Sebagai Kepala Daerah, Wako menitiplan pemuda Batam kepada anggota DPD KNPI Kota Batam yang dilantik. Ini berkaitan dengan terus bertambahnya jumlah penduduk setiap tahun, dimana 60 persen diantaranya berusia dibawah 40 tahun.

Pelantikan pengurus DPD KNPI periode 2009-2012 ini disejalankan dengan Rakerda I DPD KNPI Kota Batam yang mendiskusikan mengenai persoalan idealisme pemuda dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Hadir sebagai pembicara, mantan Menegpora Ahyaksa Dault dan Sekjen Perhimpunan Nasional Aktifis 1998 Adian Napitupulu. Pelantikan tersebut juga dihadiri sejumlah organisasi kepemudaan lainnya. Acara pagi itu diawali dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Dicky Widjaya. Ia menyampaikan bahwa pada 8 Agustus lalu telah digelar Musda di hotel Vista.

Sebelum Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan memberikan arahan kepada seluruh pengurus DPD KNPI yang dilantik, Gustian Riau, Ketua DPD KNPI menuturkan bahwa KNPI merupakan wadah berhimpun bagi para pemuda. KNPI, harus benar-benar berperan dalam pembangunan Batam tanpa menghilangkan idealisme. “KNPI secara intensif akan melibatkan pemuda yang belum bekerja dalam setiap kegiatan yang digelar oleh KNPI,” ujarnya dalam sambutan yang ia sampaikan.

Selanjutnya, Walikota mengucapkan terimakasihnya kepada segenap pengurus DPD KNPI periode sebelumnya. Wujud dari kinerja yang telah dilakukan oleh DPD KNPI sebelumnya yang diketuai oleh Jefridin ini, dengan berdirinya Gedung Pemuda di Baloi. Kepada Ketua KNPI Kepri, Berto Izhak Doko yang hadir dalam acara itu, Walikota menitipkan pengurus DPD KNPI Kota Batam.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPD KNPI yang dilantik. Mudah-mudahan bisa membawa perubahan besar kepada pemuda yang ada di Kota Batam,” ungkap Walikota dalam sambutannya.

KNPI, menurutnya bukan organisasi biasa, KNPI merupakan komite nasional pemuda Indonesia yang tidak dituntut untuk melakukan kegiatan politik praktis. Sebagai wadah kepemudaan, KNPI dituntut untuk menghimpun, menggali potensi pemuda dan pemudi yang ada di Kota Batam. Katanya, saat ini organisasi pemuda dan pemudi tumbuh dimana-mana. Namun yang menjadi factor bukan banyaknya organisasi kepemudaan melainkan bagaimana organisasi tersebut dapat menggali potensi untuk membangun daerah.

Crew_humas/dv