Walikota Kukuhkan Tim Visit Batam 2010

Pengukuhan visit Batam 2010BATAM-Secara resmi, Selasa (10/11) Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan telah mengukuhkan Tim Visit Batam 2010. Dengan dikukuhkannya Tim Visit Batam 2010 diharapkan komitmen seluruh pihak untuk menyukseskan Visit Batam 2010. Dalam acara pengukuhan tersebut, secara simbolis, Walikota menyematkan Pin Visit Batam 2010 kepada perwakilan Tim Visit Batam. Kemudian, Walikota juga menyerahkan Pataka Visit Batam 2010 kepada Ketua Tim Visit Batam 2010, Guntur Sakti yang juga sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam.

Sebagai Ketua Tim Visit Batam 2010, Guntur mengatakan bahwa Visit Batam bukan program sektoral milik pemerintah, melainkan milik seluruh masyarakat Kota Batam. Mendukung Visit Batam 2010, ujarnya, harus satu persepsi, bersinergi dan rasa saling memiliki. Yang paling penting menurutnya, Visit Batam ini tidak bisa dibebankan hanya pada satu orang saja tetapi secara bersama-sama. Dikukuhkannya tim Visit Batam ini dalam satu organisasi, menurutnya agar kegiatan yang akan dilaksanakan terencana dan terakomodir.

Dihadapan seluruh tamu yang hadir dalam acara pengukuhan itu, disampaikanlah rencana dan strategi Visit Batam 2010. Yang melatarbelakangi Visit Batam 2010 diantaranya, karena Batam merupakan salah satu gateway unggulan diantara 13 gateway yang ditetapkan Depbudpar RI. Batam juga merupakan bagian dari tiga besar penyumbang angka kunjungan setelah Bali dan Jakarta. Ditetapkannya Batam sebagai kota MICE dari 13 kota se Indonesia. Adapun yang menjadi visi Visit Batam 2010 “Menjadikan Batam Sebagai Destinasi Utama Pariwisata Nasional dan Internasional”.

Sementara itu, misi dari Visit Batam 2010, meningkatkan kapasitas infrastruktur dan penataan objek wisata baru berstandar nasional dan internasional. Meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat untuk terlibat secara langsung didalam pembangunan kepariwisataan Batam. Kemudian, meningkatkan promosi dan pemasaran pariwisata Batam dan meningkatkan kualitas dan kuantitas event.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, dalam sambutannya menjelaskan, kenapa Batam berani membuat program Visit Batam 2010, karena Batam merupakan tempat pergeseran orang. Krisis global yang melanda beberapa waktu lalu, menurutnya tidak berdampak pada wisatawan. Infrastruktur Batam juga cukup untuk mendukung Visit Batam 2010. Batam memiliki Bandar Udara Internasional Hang Nadim dan enam pelabuhan terminal fery internasional.

“Siapa yang bisa mengemas dan melakukan promosi pariwisata dengan baik, itu lah yang dikunjungi,” tutur Walikota.

Pemprov Siap Kucurkan Anggaran Dukung Visit Batam

Siang itu, selain mengukuhkan Tim Visit Batam 2010, juga digelar diskusi yang dibagi kedalam dua sesi. Diantaranya yang menjadi pembicara pada diskusi sesi pertama, Ketua Otorita Batam (OB) Mustafa Widjaja, Wakapoltabes Barelang, AKBP Eka Yudha Satriawan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Ibrahim Saleh, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri, Soerya Respationo, Ketua Panggar DPRD Provinsi Kepri, Hotman Hutapea dan Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi.

Guntur yang menjadi moderator dalam diskusi tersebut menanyakan komitmen masing-masing pihak dalam mendukung Visit Batam 2010. Soerya Respationo sebagai Wakil Ketua Provinsi Kepri menyatakan komitmen untuk mendukung sepenuhnya Visit Batam 2010 termasuk dari aspek financial. Sebagai event milik Pemko Batam, Visit Batam 2010 juga harus terbuka seluas-luasnya agar diketahui oleh masyarakat Batam. Soerya juga menyarankan agar Pemko Batam membuat MoU dengan Pemprov Kepri dalam rangka mempromosikan pariwisata Kota Batam.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Mustafa Widajaja, Ketua OB/Badan Pengusahaan (BP) Batam. Terkait rencana Pemko untuk mengembangkan Jembatan I sebagai tempat wisata, pihaknya mendukung penuh. Sepanjang, lahan yang akan dikembangkan tidak lahan hutan lindung, tidak miliki orang lain dan tidak melanggar ketentuan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Mengetahui sukses tidaknya program Visit Batam 2010, menurutnya perlu ada indikator. Melihat dukungan yang diberikan oleh para stake holder, Walikota memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih. Pemko menurutnya tinggal sosialisasi kepada masyarakat sambil terus membenahi infrastruktur.

“Jika sudah mendapat dukungan dari semua pihak, Januari 2010, Visit Batam 2010 akan kita launching,” katanya bangga.

Walikota kemarin juga meresmikan secretariat Visit Batam 2010 yang terletak di lantai III Kantor Walikota Batam. Di secretariat ini nantinya akan ditampilkan informasi event yang disiapkan pemerintah dalam, mendukung Visit Batam 2010. Pengukuhan Tim Visit Batam 2010 dihadiri oleh pelaku usaha kepariwisataan di Kota Batam.

(crew_humas/dv)