BATAM – Mengisi kegiatan safari Ramadhan 1430 H Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama unsur Muspida Kota Batam, diawali Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di Masjid Al-Muhajirin Perumahan Mediterania Kecamatan Batam Kota. Bersama dengan sejumlah masyarakat di Komplek Mediterania, Walikota mengikuti shalat Isya berjamaah. Usai shalat Isya berjamaah kegiatan safari ramadhan itu dilanjutkan dengan dialog antara masyarakat dengan rombongan Walikota Batam.

Kepada Walikota, pengurus masjid Al Muhajirin menyampaikan bahwa masjid tersebut masih dalam proses pembangunan. Dana yang sudah dihabiskan untuk proses pembangunan masjid itu mencapai Rp1,9 miliar. Pembangunan masjid ini menurutnya sudah sejak tahun 2001 silam. Jika dilihat dari kondisi pembangunan masjid ini, diantaranya yang belum terbangun yakni plafond dan qubah masjid.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menyampaikan bahwa masyarakat di Kota Batam terdiri dari berbagai suku dan agama yang cukup Batam heterogen, Walikota menghimbau agar menjadikan Batam sebagai kampong halaman pertama. Namun demikian tidak melupakan daerah asalnya. Walikota mengajak masyarakat bersama-sama membangun Batam. Sebagai kepala daerah, ia tidak ingin ada perbedaan antara suku yang satu yang dengan suku yang lainnya.

“Kalau bukan kita yang membangun Batam siapa lagi,” kata Walikota Minggu malam.

Pemko Batam, katanya, akan memberikan perhatian untuk kelanjutkan pembangunan masjid yang ada di Kota Batam. Dalam kesempatan itu Walikota Batam menyerahkan bantuan untuk membantu kelanjutan pembangunan masjid itu. Bantuan tersebut tidak diberikan dalam jumlah yang besar karena di Batam jumlah masjid cukup banyak dan harus mendapat perhatian dari Pemko Batam. Walau jumlahnya tidak besar, Walikota mengharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk kelanjutkan pembangunan masjid.

Turut serta dalam rombongan ini safari ramadhan yang mendampingi Walikota Batam, Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Syamsul Bahrum, Kepala Badan Pertanahan, Buralimar, Sekwan DPRD Kota Batam, Guntur Sakti, Camat Batam Kota, Junaidi Baran, Kabag Kesra, M Sahir, Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri dan Camat Batuaji, Ahmad Arfah. Bertindak sebagai pemberi ceramah malam itu KH Usman Ahmad Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam. Dan Imam yang memimpin shalat Tarawih malam itu, Jumadi Jumah pengurus Qur’an Centre.

Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri menambahkan kegiatan safari Ramadhan Walikota Batam, Ahmad Dahlan maupun Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika telah dijadwalkan secara menyeluruh paling tidak untuk 1 kecamatan minimal satu kali kegiatan safari ramadhan yang berisi kegiatan ceramah, tarawih, ramah tamah serta tadarus, ungkapnya.
Kegiatan ini telah diawali sejak Jumat malam lalu oleh Walikota dan Wakil Wali Kota tarawih bersama di Masjid Raya Batamcentre dengan pegawai di lingkungan Pemko Batam.

Safari Ramadhan kali ini Walikota mengikuti kegiatan sebanyak 31 kali yang tersebar di masjid baik yang terdapat di Kota Batam maupun Hinterland. Begitu juga dengan Wakil Wali Kota Batam memiliki kegiatan sebanyak 29 kali kegiatan yang tersebar di Kota Batam dan kawasan hinterland. Dari masing-masing kegiatan ini diungkapkan Yusfa ada yang diisi bersama-sama oleh Walikota dan Wakil Wali Kota Batam.

“Tujuan Safari Ramadhan ini selain ingin melihat langsung masyarakat Batam dari dekat, baik Walikota maupun Wakil Wali Kota Batam ingin mengetahui secara langsung apa yang menjadi permasalahan di daerah yang didatanginya,” ujar Yusfa.

(*humas_crew/dv)