Masing-masing Kandidat Diberi Waktu 15 Menit

Share

BATAM- Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Batam menyampaikan Visi, Misi dan Program di DPRD Batam, Senin (20/12) melalui Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Batam, Surya Sardi serta Plt Wali Kota Batam, Agussahiman. Penyampaikan Visi, Misi dan Program Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota tersebut dilakukan sesuai nomor urut calon yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam.

Sebelum para calon wali kota dan wakil wali kota menyampaikan visi, misi dan programnya, Ketua DPRD Batam, Surya Sardi meminta Sekretaris Dewan, Nurman membacakan tata tertib yang berlaku pada rapat paripurna istimewa pagi itu. Masing-masing diberi waktu 15 menit untuk menyampaikan visi, misi dan program calon wali kota dan wakil wali kota lima tahun ke depan. Sebelum pasangan calon wali kota dan wakil wali kota nomor urut 1 maju menyampaikan visi, misi dan program kerjanya, Ketua KPU, Hendriyanto diminta untuk memberikan sambutan.

Dalam sambutan singkatnya, Hendriyanto mengatakan bahwa tahapan pelaksanaan Pilwako Batam priode 2011-2016 berjalan baik, aman dan kondusif. Suksesnya pelaksanaan tahapan Pilwako ini menurutnya karena kepedulian masyarakat untuk membangun Batam ke depan. Hendriyanto mengatakan agar kebersamaan ini terus dipertahankan guna menyelenggarakan pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif. Harapannya, Pelaksanaan Pemilu pada 5 Januari 2011 mendatang dapat berjalan aman, tertib dan lancar.

Selanjutnya, Ketua DPRD Batam, Surya Sardi mengatakan bahwa visi, misi dan program yang disampaikan itu akan menjadi acuan untuk pembangunan Batam oleh wali kota dan wakil wali kota terpilih untuk selanjutnya menjadi dokumen Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota yang pertama menyampaikan visi, misi dan programnya adalah pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Ahmad Dahlan dan Rudi SE yang merupakan pasangan nomor urut 1. Dahlan yang menyampaikan visi mengatakan bahwa visi misi ini merupakan tahap 2 dari visi misi sebelumnya. Visi yang dimaksud adalah Terwujudnya Batam Sebagai Bandar Dunia Madani dan Sebagai Lokomotif Perekonomian Nasional.

Yang mendasari visi ini adalah, karena Batam saat ini sedang dalam proses kota berskala internasional dan masyarakat yang bertamadun tinggi. Katanya, masyarakat Batam saat ini masih dalam proses transisi dari masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Pasangan ini ingin mewujudkan masyarakat yang adil, taat hukum dan saling hormat menghormati. Dibidang perekonomian, menurutnya kini Batam sudah memberikan multiefek yang besar terhadap Indonesis salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja. Oleh karena itu Batam sudah menjadi lokomotif perekonomian nasional. Untuk mencapai visi misi tersebut, harus dilakukan penyempurnaan infrastruktur dan pembangunan ekonomi. Pasangan ini juga mewacanakan untuk membangun port container untuk mendukung perekonomian Batam.

Adapun yang menjadi misi pasangan ini, mengembangkan Batam sebagai pusat industri, pasar global tata ruang terpadu dan transportasi. Penataan ruang dilakukan dengan pemenuhan infrastruktur dasar, kemudian meningkatkan kesejahteraan masyarakat hinterland dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mewujdukan pemerintah yang baik. Menggali pengembangan kebudaan Melayu dan budaya lainnya yang ada di Batam juga menjadi misi dari pasangan ini. Pasangan ini memanfaatkan waktu 15 menit yang diberikan untuk membacakan visi, misi dan program kerja mereka lima tahun mendatang.

Berikutnya pasangan nomor urut 2, Ria Saptarika sebagai Wali Kota dan Zainal Abidin sebagai Wakil Wali Kota. Pasangan ini memiliki visi untuk menjadikan Kota Batam sebagai kota industri yang berdaya saing internasional, adil dan sejahtera. Batam, berpotensi untuk berdaya saing internasional. Sebagai kota Madani yang harus memiliki peradaban yang tinggi, memiliki basis nilai-nilai religius, terbuka, demokratis dan juga berkedaulatan. Pasangan ini bertekad untuk mengoptimallkan daerah yang belum tersentuh. Menurut mereka pembangunan Batam masih memungkinkan tidak hanya di kawasan mainland tetapi juga di kawasan hinterland. Untuk pertumbuhan ekonomi, Ria mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Batam berada di atas rata-rata nasional.

Enam misi yang disampaikan pasangan ini diantaranya, membangun sistem administrasi pemerintahan yang efektif, efisien, kondusif dan kompetitif. Kemudian mewujudkan kota industri dengan menciptakan iklim investasi yang kondusif dan kompetitif. Selanjutnya mengembangkan SDM yang unggul, inovatif dan kreatif. Memberdayakan ekonomi rakyat dengan mamajukan sentra-sentra usaha kecil serta mewujudkan sehidupan masyarakat yang sejahtera. Ria mengatakan bahwa ada 13 sektor yang menjadi prioritas mereka. Seperti tata kelola pelayanan publik, terwujudnya ruang publik dan lingkungan yang nyaman, bidang ketenagakerjaan, pengembangan UMK, pengembangan industri perdagangan, pengembangan kelautan dan masyarakat pesisir, pengembangan transportasi dan pariwisata, perbaikan kesehatan, pemberdayaan perempuan serta terciptanya kehidupan yang harmonis.

Pasangan ke tiga yang maju menyampaikan visi misi dan programnya adalah Nada Faza Soraya dan Nuryanto yang merupakan pasangan nomor 3. Adapun yang menjadi visi pasangan ini adalah meningkatkan sinergisitas antara Pemerintah Daerah, masyarakat dan dunia usaha untuk pembangunan Kota Batam menuju kesejahteraan rakyat dan menjadikan Batam sebagai indikator pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan 9 misi dan 8 program unggulan. Diantaranya misi Nada-Nur yakni menumbuhkembangkan sikap kebersamaan dalam melaksanakan demokrasi yang sebenarnya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Melaksanakan reformasi birokrasi pemerintah dengan meningkatkan kinerja aparatur yang bersih, berorientasi kepada pelayanan publik serta penggunaan anggaran pro rakyat. Sementara program unggulan pasangan ini adalah bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi kerakyatan, bidang industri, investasi dan konvensi, bidang industri maritim, bidang seni, budaya dan pariwisata, bidang sarana dan prasarana serta bidang kesra. Pasangan ini menyampaikan visi, misi dan program unggulannya dengan waktu 9 menit dan diakhir dengan pembacaan pantun oleh Nuryanto.

Berikutnya pasangan yang diminta menyampaikan visi, misi dan program unggulannya adalah pasangan Arifin Nasir dan Irwansyah yang merupakan pasangan nomor 4. Pasangan ini mengembangan isu, pertumbuhan ekonomi dan perkembangan masyarakat Madani. Dengan program kerja, terwujudnya Batam sebagai kota maju dan modern, nasional berbasis yang berbasis masyarakat madani. Sektor pariwisata, alih kapal, industri menurut Arifin tetap menjadi primadona di Batam. Pasangan ini juga akan mewujudkan masyarakat yang berbudaya tinggi dan berakhlak mulia.

Untuk menuju masyarakat madani, menurutnya harus melibatkan ulama, ilmuwan, ekonom yang jujur, masyarakat yang aktif dan produktif. Pasangan ini mengharamkan korupsi di pemerintahan. Yang menjadi misi pasangan ini, mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih. Melakukan refomasi birokrasi dan pejabat harus sesuai dan berkompetensi. Meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat dengan menjadikan Batam sentra perikanan. Melakukan pembangunan infrastruktur dan pasangan ini akan membuat program kerja 100 hari, serta membentuk dewan ekonomi kota.

Terakhir pasangan yang menyampaikan visi, misi dan program unggulannya adalah pasangan Amir Hakim Siregar dan Syamsul Bahrum. Adapun visi pasangan ini adalah mempercepat terwujudnya Kota Batam sebagai Bandar Dunia Madani. Lokomotif utama pertumbuhan nasional dan episentrum pembangunan regional di Indonesia. Dengan tujuh misi yang terbagi dalam tiga kategori. Yakni bidang politok dan pemerintahan, bidang ekonomi dan pembangunan serta bidang sosial kemasyarakatan. Yakni dengan melakukan refomasi pemerintahan yang modern. Penguatan SDM pembangunan melalui peningkatan program pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan dan pembinaan sosial produktif lainnya yang lebih berkesinambungan.

Penyampaian visi, misi dan program unggulan itu dihadiri oleh 40 anggota DPRD Batam, Muspida dan pendukung dari masing-masing pasangan.

(crew_humas/dv)

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -