Home Kunjungan Kerja Organisasi Perempuan Kapupaten Luwu Timur Belajar Pengelolaan Home Industry di Batam

Organisasi Perempuan Kapupaten Luwu Timur Belajar Pengelolaan Home Industry di Batam

0
379

HUMAS PEMKO BATAMWakil  Ketua I Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kota Batam, Erlita Sari Amsakar menerima rombongan organisasi perempuan kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan di home industri Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Maju Bersama Azzuri kecamatan Bengkong Kota Batam, Rabu (11/7).  Tujuan rombongan TP. PKK Kabupaten Luwu Timur untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta wawasan pengurus organisasi perempuan kabupaten Luwu Timur tentang pengelolaan home industry.

Mengawali sambutannya, Erlita menyampaikan salam dan permohonan maaf Ketua TP. PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi yang berhalangan hadir karena diwaktu yang sama  menghadiri agenda yang lain.

Erlita mengatakan UP2K Azzuri yang merupakan mitra binaan PKK Kota Batam sudah beberapa kali mendapat kunjungan dari TP. PKK luar daerah lainnya. Perjalanan UP2K Azzuri bermula dari mengikuti bazar skala kecil hingga akhirnya bisa berkembang memasarkan produk snacknya sampai ke Johor, Malaysia. Pada tahun 2017 lalu UP2K Azzuri juga tampil di Malaysia International Halal Showcase 2017 (MIHAS 2017) yang digelar di Kuala Lumpur.

“Saat itu saya juga ketua rombongannya yang membawa UKM-UKM Batam kesana dan Azzuri ini salah satu pesertanya. Keberhasilan ini berkat kegigihan para pengurusnya. Silahkan nanti ibu-ibu sharing informasi dengan mereka,” ujar Erlita.

Sebagai informasi, Erlita mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam sedang melakukan pembangunan infrastruktur untuk membangun sektor pariwisata. Didukung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam sekaligus Ketua TP. PKK Kota Batam  saat ini mempromosikan Batik Gong Gong Batam.

“Setiap malam Minggu kami road show dari mall ke mall untuk mempromosikan batik Batam. Sudah tiga mall kita kunjungi, dan minggu ini adalah mall yang keempat. Jika ibu-ibu masih berada di Batam, mari nanti sama-sama kita ramaikan,” ajak Erlita.

Ketua rombongan sekaligus ketua TP. PKK kabupaten Luwu Timur, Puspawati Husler mengatakan tujuan kunjungan mereka selain untuk bersilaturahmi juga sebagai implementasi dari kegiatan workshop Peningkatan Kompetensi Organisasi Perempuan kabupaten Luwu Timur yang telah diikuti pada pagi harinya.

Turut hadir bersamanya Wakil Ketua  TP. PKK Kabupaten Luwu Timur, Ani Nurbani Irwan yang menyampaikan  ucapan terima kasih kepada TP PKK Kota Batam dan kecamatan Bengkong yang telah memfasilitasi kunjungan tersebut. Puspa berharap hasil kunjungan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta wawasan pengurus organisasi perempuan kabupaten Luwu Timur tentang pengelolaan home industry.

“Kami ingin belajar bagaimana mengelola home industry, mulai dari segi management, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Ilmu yang diperoleh nantinya dapat diimplementasikan di organisasi masing-masing,” harapannya.

Katanya lagi, rombongan yang dibawanya berasal dari beberapa organisasi perempuan yang ada di kabupaten Luwu Timur, yakni Ikatan Anggota Keluarga DPRD, TP PKK kabupaten Luwu Timur, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Forum Kajian Cinta Quran (FKCA) dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) kabupaten Luwu Timur.

Usai penyerahan cendera mata, acara kunjungan diakhiri dengan tanya jawab dan peninjauan langsung ke UP2K Azzuri. Hadir diacara tersebut, Camat Bengkong, M. Tahir, Lurah se kecamatan Bengkong, Pengurus TP. PKK Kota Batam, Ketua TP. PKK Kecamatan beserta pengurus dan Ketua TP. PKK kelurahan se kecamatan Bengkong.(HP)

NO COMMENTS